Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jasa Marga Caplok Saham Wijaya Karya di Jalan Tol Cengkarang-Kunciran

PT Jasa Marga (Persero) Tbk. (JSMR) menambah porsi kepemilikan sahamnya di Jalan Tol Cengkarang-Batufepet-Kunciran dengan mengakuisisi saham milik PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. (WIKA).
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 29 Juni 2022  |  22:34 WIB
Jasa Marga Caplok Saham Wijaya Karya di Jalan Tol Cengkarang-Kunciran
Pekerja beraktivitas di proyek pembangunan jalan tol Kunciran-Serpong jaringan dari tol Jakarta Outer Ring Road 2 (JORR 2) di Tangerang Selatan, Banten, Rabu (19/9/2018). - JIBI/Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk. (JSMR) menambah porsi kepemilikan sahamnya di Jalan Tol Cengkarang-Batufepet-Kunciran dengan mengakuisisi saham milik PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. (WIKA).

Jasa Marga telah meneken akta jual beli atas 2,1 persen saham milik WIKA di PT Jasamarga Kunciran Cengkareng yang merupakan pengelola ruas tersebut pada Rabu (29/6/2022).

Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur menjelaskan pihaknya telah berdiskusi secara intens dengan WIKA dan menyepakati untuk melanjutkan proses transaksi jual beli.

“Dalam rangka mengoptimalkan portofolio bisnis perusahaan, ini merupakan aksi korporasi Jasa Marga dengan mengambil alih 3.468.497 lembar saham atau setara 2,1 persen porsi saham yang dimiliki oleh WIKA di PT JKC,” ujarnya dalam keterangan resminya, Rabu (29/6/2022).

Direktur Utama Wijaya Karya Agung Budi Waskito mengapresiasi kesepakatan yang dicapai antara kedua perusahaan.

Menurutnya, Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran telah menjadi catatan penting bagi perseroan dalam menjalankan peran ganda, baik pada aspek penyertaan modal pada PT JKC, serta terlibat sebagai kontraktor pelaksana sampai dengan proyek tersebut selesai.

“Hal ini tentu menjadi fondasi yang baik dalam mensukseskan misi pembangunan dan penyediaan jasa jalan tol di Indonesia,” jelasnya.

Sebelum akuisisi tersebut, porsi kepemilikan saham di PT JKC terdiri atas Jasa Marga sebesar 76,43 persen, Synergy Quest International Ltd. sebesar 21,01 persen, WIKA sebesar 2,10 persen, PT Nindya Karya (Persero) sebesar 0,32 persen, dan PT Istaka Karya (Persero) sebesar 0,14 persen.

Dengan adanya penandatanganan pembelian saham itu, maka kepemilikan saham Jasa Marga di PT JKC menjadi sebesar 78,53 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

saham jalan tol jasa marga wijaya karya
Editor : Pandu Gumilar

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top