Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kecelakaan Beruntun di Tol Cipularang, Jasa Marga: Lalu Lintas Normal

PT Jasa Marga dmenginformasikan bahwa kecelakaan beruntun di Purbaleunyi, Plered KM 92 arah Jakarta telah selesai ditangani petugas pada pukul 02.09 WIB, Minggu dini hari.
Ilustrasi Jalan Tol Cipularang./Bisnis
Ilustrasi Jalan Tol Cipularang./Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA – PT Jasa Marga (Persero) Tbk. menyatakan lalu-lintas di Jalan Tol Cipularang arah Jakarta berjalan normal setelah adanya kecelakaan beruntun pada Minggu (26/6/2022).

General Manager Representative Office 3 Jasamarga Metropolitan Tollroad Thomas Dwiatmanto mengatakan sebelumnya sempat terjadi kemacetan di lokasi kejadian kecelakaan beruntun tersebut.

"Setelah mendapatkan informasi terkait kejadian kecelakaan, mobile customer service Jasa Marga bersama Patroli Jalan Raya [PJR] serta petugas ambulans segera melakukan penanganan kecelakaan berupa evakuasi korban dan melakukan pengaturan lalu-lintas di sekitar lokasi kejadian," ujar Thomas, dikutip dari tempo.co, Senin (27/6/2022). 

Sebelumnya, Jasa Marga dalam akun Twitternya @PTJASAMARGA juga menginformasikan bahwa kecelakaan di Purbaleunyi, Plered KM 92 arah Jakarta telah selesai ditangani petugas pada pukul 02.09 WIB, Minggu dini hari.

Untuk mengurai kemacetan, atas diskresi kepolisian, mulai pukul 21.50 hingga 23.34 WIB, Jasa Marga melakukan pengalihan lalu-lintas secara situasional. Kendaraan yang menuju Jakarta dialihkan keluar Padalarang Timur dan kemudian dapat masuk kembali melalui Gerbang Tol Jatiluhur. 

Kecelakaan beruntun terjadi di KM 92+000 Ruas Tol Cipularang arah Jakarta pada Ahad, 26 Juni 2022 tepatnya pukul 20.20 WIB. Berdasarkan kronologi kecelakaan di jalan tol yang diterima dari pihak kepolisian, kejadian bermula saat bus Laju Prima B 7602 XA dari arah Bandung menuju Jakarta menabrak beberapa kendaraan di depannya. 

"Kendaraan bus Laju Prima diduga mengalami rem blong sehingga menabrak kendaran di depannya," kata Kepala Induk Patroli Jalan Raya (PJR) Ruas Tol Cipularang AKP Denny Catur. 

Kecelakaan beruntun itu, kata dia, melibatkan beberapa kendaraan sekaligus karena memang saat kejadian situasi lalu lintas sedang padat. "Mengingat hari Minggu biasanya terjadi peningkatan lalu lintas masyarakat yang dari Bandung menuju ke Jakarta," ujarnya. 

Akibat kecelakaan tersebut, tiga orang mengalami luka berat dan 16 orang luka ringan. Korban kecelakaan langsung dilarikan ke RS Abdul Radjak Purwakarta.

Pada pukul 01.17 WIB, lokasi kejadian telah bersih dan lalu-lintas kembali normal. Kendaraan terlibat kecelakaan dibawa ke Pool Derek Jatiluhur. 

Kepolisian dan Jasa Marga mengimbau pengguna jalan agar selalu memastikan kondisi kendaraan sebelum melakukan perjalanan. 

"Kami mengimbau kepada para pengemudi bus agar selalu mengecek kondisi kendaraannya, terutama keberfungsian rem, menjaga kecepatan kendaraan dan mematuhi rambu-rambu lalu lintas saat melakukan perjalanan, demi keamanan dan keselamatan bersama," kata Denny. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo.co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper