Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dorong Pinjaman Lunak, PIP Perluas Akses di Luar Jawa

Pusat Investasi Pemerintah (PIP) menggadeng dua lembaga mitra baru di luar Jawa untuk menyalurkan pinjaman lunak Ultra Mikro (UMi).
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 27 Juni 2022  |  21:56 WIB
Dorong Pinjaman Lunak, PIP Perluas Akses di Luar Jawa
Direktur Utama Pusat Investasi Pemerintah (PIP) Ririn Kadariyah. PIP sendiri sebagai lembaga penyalur pinjaman ultra mikro (UMi) terus memperluas jangkauan akses kredit lunak bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Pusat Investasi Pemerintah (PIP) menandatangani perjanjian kerja sama pinjaman kredit lunak ultra mikro (UMi) dengan PT LKMS Mahirah Muamalah di Aceh dan Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) BMT Al Amanah Sinjai, Sulawesi Selatan masing-masing sebesar Rp2,3 miliar dan Rp700 Juta.

Direktur Utama Pusat Investasi Pemerintah (PIP) Ririn Kadariyah menyampaikan penandatanganan kerja sama tersebut sebagai upaya untuk mendorong penyaluran pembiayaan syariah lebih luas. Penambahan penyalur pinjaman UMi ini sekaligus memperluas akss bagu pelaku usaha mikro kecil dan menengah di luar Pulau Jawa.

“Harapan kami mudah-mudahan bisa dijaga tata kelolanya dengan baik sehingga tujuan pemerintah untuk memfasilitasi pelaku usaha mikro mendapatkan pembiayaan yang mudah bisa terlaksana,” katanya dalam acara Penandatanganan Akad Perjanjian Pembiayaan Ultra Mikro Syariah, Senin (27/6/2022).

Ririn menjelaskan, pelaku usaha di Indonesia didominasi oleh sektor usaha mikro. Namun demikian, faktanya kondisi usaha mikro masih sulit mendapatkan akses pembiayaan dari lembaga keuangan, terutama perbankan.

Kondisi inilah yang mendorong pemerintah untuk menginisiasi program pembiayaan ultra mikro, yang disalurkan melalui lembaga keuangan.

Adapun pada tahun ini, PIP menargetkan penyediaan layanan pembiayaan kepada 2 juta pelaku usaha ultra mikro dan disalurkan melalui 50 lembaga keuangan bukan bank.

Selain itu, PIP juga menargetkan penyaluran pembiayaan ultra mikro berbasis syariah mencapai Rp1,3 triliun pada 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pnm pusat investasi pemerintah kredit ultra mikro Holding Ultra Mikro
Editor : Anggara Pernando

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top