Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Data Lengkap Stok Hewan Kurban di Tengah Maraknya Kasus PMK

Simak rangkuman data lengkap seputar ketersediaan ternak menjalang Hari Raya Kurban di tengah isu maraknya kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) sebagaimana dirangkum DataIndonesia.id di sini.
DataIndonesia.id
DataIndonesia.id - Bisnis.com 25 Juni 2022  |  16:16 WIB
Data Lengkap Stok Hewan Kurban di Tengah Maraknya Kasus PMK
Dokter hewan dari Pusat Veteriner Farma (Putvetma) Surabaya menyuntikkan vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) untuk sapi di kandang kawasan Taman, Sepanjang, Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (14/6/2022). Foto ilustrasi. ANTARA FOTO - Umarul Faruq

Bisnis.com, JAKARTA -- Simak rangkuman data lengkap seputar ketersediaan ternak menjalang Hari Raya Kurban di tengah isu maraknya kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) sebagaimana dirangkum DataIndonesia.id di sini.

Data yang dirangkum antara lain mencakup jumlah hewan ternak yang terserang PMK, peta sebaran kasus penyakit mulut dan kuku Indonesia, ketersediaan binatang ternak untuk kurban dari tahun ke tahun, kebutuhan hewan kurban di Indonesia, stok hewan kurban di Indonesia, penambahan kasus PMK secara mingguan, serta data lainnya.

Simak data dan visualisasi selengkapnya dalam laporan berjudul Was-was Stok Kurban saat PMK Makin Ganas di DataIndonesia.id melalui tautan berikut ini.

Indonesia tengah dilanda wabah penyakit mulut dan kuku (PMK). Penyakit tersebut kembali menyerang hewan ternak, seperti sapi, kerbau, kambing, dan domba di dalam negeri. Padahal, Indonesia sudah terbebas dari virus tersebut sejak 1986.

Badan Kesehatan Hewan Dunia (OIE) pun telah mengakui status Indonesia bebas dari PMK pada 1990.

Berdasarkan data Kementerian Pertanian (Kementan), PMK telah menginfeksi 235.379 hewan ternak per 24 Juni 2022.  

Secara rinci, jumlah sapi yang telah terinfeksi penyakit ini sebanyak 229.960 ekor. Ada pula 4.026 kerbau yang terinfeksi PMK.

Lalu, kambing dan domba yang terinfeksi PMK masing-masing sebanyak 939 ekor dan 798 ekor.

Dari jumlah itu, hewan ternak yang sudah sembuh sebanyak 76.692 ekor, mati 1.389 ekor, dan dipotong bersyarat 2.367 ekor.

Sementara itu, masih ada 154,931 hewan ternak yang masih belum sembuh dari PMK. Tercatat jumlah sapi yang masih terinfeksi PMK sebanyak 150.842 ekor. Lalu, ada 2.952 kerbau yang belum sembuh dari wabah tersebut. Kemudian, kambing dan domba yang masih sakit PMK berturut-turut sebanyak 538 ekor dan 599 ekor.

Simak laporan dan data selengkapnya melalui tautan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hewan kurban

Sumber : DataIndonesia.id

Editor : Setyardi Widodo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top