Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

DPR dan Menteri ESDM Sepakati Kenaikan Subsidi BBM Solar Tahun Depan

Subsidi BBM jenis solar akan dinaikkan dari Rp500 menjadi Rp3.000 per liter dalam APBN 2023.
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 20 Juni 2022  |  21:20 WIB
DPR dan Menteri ESDM Sepakati Kenaikan Subsidi BBM Solar Tahun Depan
Pertamina menjamin ketersediaan pasokan solar bersubsidi, sebagai bagian dari penugasan pemerintah melalui Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas).

Bisnis.com, JAKARTA - Komisi VII DPR RI dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menyepakati kenaikan subsidi BBM jenis solar dari Rp500 menjadi Rp3.000 per liter dalam APBN 2023.

Kesepakatan tersebut diambil menyusul desakan DPR RI untuk meningkatkan volume dan besaran subsidi solar dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2023.

Anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto mengusulkan agar subsidi BBM jenis solar dinaikkan dari Rp500 per liter menjadi Rp3.500 per liter, menyesuaikan kenaikan ICP (harga minyak mentah Indonesia) yang menyentuh angka US$100 per barel.

“Hal ini penting, agar beban kenaikan harga minyak dunia tidak langsung ditimpakan kepada masyarakat berupa kenaikan harga solar," ujar Mulyanto via siaran pers, Senin (20/6/2022).

Usulan penambahan subsidi juga seiring dengan melandainya pandemi Covid-19 sehingga kegiatan sektor industri mulai bergerak cepat dan mobilitas masyarakat semakin tinggi.

Artinya, kata Mulyanto, kebutuhan BBM industri dan transportasi akan meningkat. Tanpa adanya kenaikan jumlah pasokan, hal ini diperkirakan menimbulkan kerawanan bagi terjadinya kelangkaan BBM.

"Pemerintah menyetujui angka subsidi solar ini. Dengan catatan bahwa akan dilaksanakan pembatasan penggunaan BBM solar agar tepat sasaran," kata Mulyanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Harga BBM apbn solar solar bersubsidi BBM
Editor : Hafiyyan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top