Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menteri ATR/BPN Kejar Target, Pembebasan Lahan IKN Jadi Prioritas

Menteri Agraria Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Hadi Tjahjanto berkomitmen segera menyelesaikan proses pengadaan tanah untuk kebutuhan pembangunan IKN.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 15 Juni 2022  |  22:33 WIB
Menteri ATR/BPN Kejar Target, Pembebasan Lahan IKN Jadi Prioritas
Mantan Panglima TNI Hadi Tjahjanto memberikan salam sebelum upacara pelantikan menteri dan wakil menteri Kabinet Indonesia Maju sisa masa jabatan periode 2019-2024 di Istana Negara, Rabu (15/6/2022). Presiden Joko Widodo secara resmi melantik Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto, Wamen ATR Raja Juli Antoni, Wamendagri John Wempi Watipo dan Wamenaker Afriansyah Noor. ANTARA FOTO - Akbar Nugroho Gumay

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Agraria Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Hadi Tjahjanto menyebut pembebasan lahan untuk Ibu Kota Negara Nusantara (IKN) akan menjadi prioritas.

Dia mengatakan pihaknya akan segera menyelesaikan proses pengadaan tanah untuk kebutuhan pembangunan IKN.

"Sudah saya koordinasikan dengan bu Siti Nurbaya, saya juga akan kelapangan mana yang prioritas akan segera kita urus sehingga pak Bambang [Kepala Badan Otorita IKN] segera bisa bekerja," ujarnya di Jakarta, Rabu (15/6/2022).

Hadi mengungkapkan pembebasan lahan di IKN menjadi satu dari tiga tugas prioritas yang diamanatkan Presiden Joko Widodo.

Dia mengungkapkan selain pembebasan lahan IKN, pembagian sertifikat tanah dan penyelesaian sengketa lahan menjadi tugas prioritas yang perlu segera dituntaskan.

"IKN juga prioritas, seperti yang saya sampaikan. Pertama masalah sertifikat, dua masalah tumpang tindih, ketiga IKN," ungkapnya.

Adapun, Kawasan Strategis Nasional (KSN) IKN memiliki luas 256.142 hektar (ha) dengan Kawasan Pengembangan IKN seluas 199.962 ha.

Nantinya, lagan seluas 6.596 ha akan dijadikan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan dan 56.180 ha akan menjadi Kawasan IKN.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pembebasan lahan Hadi Tjahjanto IKN kementerian atr/bpn
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top