Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Zulkifli Hasan Jadi Mendag Baru, Ini Harapan IKAPPI

Presiden Jokowi resmi melantik Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan (Mendag) yang baru menggantikan Muhammad Lutfi.
Indra Gunawan
Indra Gunawan - Bisnis.com 15 Juni 2022  |  14:26 WIB
Zulkifli Hasan Jadi Mendag Baru, Ini Harapan IKAPPI
Presiden Joko Widodo memberi selamat kepada Zulkifli Hasan yang dilantik sebagai Menteri Perdagangan, Rabu (15/6/2022). JIBI - Bisnis/Nancy Junita

Bisnis.com, JAKARTA - Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) mengucapkan selamat kepada Zulkifli Hasan yang telah dilantik sebagai Menteri Perdagangan (Mendag) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu (15/6/2022).

Zulkifli menggantikan Muhammad Lutfi yang menjabat sebagai Mendag sejak 2020 menggantikan Agus Supramanto.

“IKAPPI mengucapkan selamat atau welcome to the jungle kepada Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, dilantik siang ini oleh Presiden Jokowi,” ujar Ketua Umum DPP IKAPPI Abdullah Mansur dalam keterangan tertulisnya, Rabu (15/6/2022).

Abdullah menyebut posisi menteri perdagangan sebagai menteri yang cukup rumit karena menghadapai banyak persoalan menjelang Iduladha. Menurutnya, sistem perdagangan di Indonesia ibarat hutan belantara yang harus diperbaiki dan dirapikan.

Dia pun berharap agar Zulkifli berpihak kepada pedagang tradisional dan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

“Memang ini tidak bisa diselesaikan secara langsung tetapi harapan IKAPPI ada upaya perbaikan, penertiban dan konsolidasi nasional untuk kembali memulihkan ekonomi dalam negeri. Dalam hal ini memperkuat program untuk keberhasilan pangan nasional,” ujarnya.

Untuk diketahui, Presiden Jokowi resmi melantik Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan. Selain itu Jokowi melantik Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) pada Rabu (15/6/2022) di Istana Negara, Jakarta.

Pelantikan Zulkifli Hasan dan Hadi Tjahjanto berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 64P Tahun 2022 tentang Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019—2024 yang ditetapkan pada tanggal 15 Juni 2022.

Zulkifli Hasan merupakan Ketua MPR periode 2014—2019, yang juga saat ini merupakan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi mendag zulkifli hasan muhammad lutfi
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top