Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kabar Baik! AP II: Pemulihan Penerbangan Sudah 89 Persen per Mei 2022

AP II menyebut pemulihan penerbangan sudah 89 persen per Mei 2022 dari kondisi normal sebelum pandemi Covid-19.
Sejumlah penumpang pesawat berjalan setibanya di Terminal 2 Kedatangan Domestik Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (2/1/2022). /Antara Foto-Fauzan/wsj.rn
Sejumlah penumpang pesawat berjalan setibanya di Terminal 2 Kedatangan Domestik Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (2/1/2022). /Antara Foto-Fauzan/wsj.rn

Bisnis.com, JAKARTA - PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II mengeklaim lalu lintas penerbangan di bandara kelolaan pada tahun ini mulai mengalami pemulihan dipicu pasar domestik yang cukup besar.

Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin melaporkan pergerakan penumpang di seluruh bandara kelolaan pada Mei 2022 secara kumulatif tercatat mencapai 5,8 juta orang atau merupakan pergerakan bulanan tertinggi sejak April 2020.

“Pada Mei 2022, rasio pemulihan lalu lintas penerbangan di bandara AP II telah mencapai sekitar 89 persen dari kondisi normal pada 2019 saat belum ada pandemi Covid-19,” ujarnya melalui keterangan resmi, Rabu (8/6/2022).

Pergerakan penumpang pada Mei 2022, sebutnya, merupakan tertinggi selama pandemi Covid-19. Kondisi tersebut sejalan dengan suksesnya angkutan lebaran di bandara AP II pada 22 April - 13 Mei 2022.

Berkat kolaborasi yang baik antara AP II, regulator, maskapai, ground handling dan TNI/Polri, bandara-bandara AP II dapat memenuhi peningkatan permintaan penerbangan dengan baik dan tetap mengutamakan aspek pelayanan, keselamatan, keamanan serta penerapan protokol kesehatan.

Di sisi lain, secara year-to-date, 1 Januari - 31 Mei 2022, jumlah pergerakan penumpang mencapai 21,20 juta orang. Ini menggambarkan rasio pemulihan sebesar 64 persen dibandingkan dengan realisasi 2019 saat belum ada pandemi.

Pergerakan penumpang Januari - Mei 2022 ini juga lebih tinggi 71,5 persen dibandingkan dengan Januari - Mei 2021, dan naik 2,96 persen dibandingkan dengan Januari - Mei 2020.

Lebih lanjut, Muhammad Awaluddin menyampaikan kepada IATA bahwa seluruh bandara AP II telah melakukan berbagai penyesuaian operasional untuk mengakomodir permintaan penerbangan pada periode pemulihan ini.

Sejalan dengan itu, ujar Muhammad Awaluddin, AP II juga siap menyambut pemulihan sektor penerbangan global.

Dia memastikan bahwa seluruh sumber daya bandara AP II siap menyambut peningkatan lalu lintas penerbangan baik itu rute domestik maupun internasional. Di Bandara Soekarno-Hatta, dia juga bersiap adanya pembukaan kembali rute-rute internasional setelah sempat ditutup karena dampak pandemi Covid-19.

"Kami menyiapkan seluruh fasilitas termasuk memastikan ketersediaan slot time penerbangan yang dibutuhkan maskapai,” imbuhnya.

Sementara itu, Regional Vice President Asia-Pacific IATA Philip Goh menuturkan pemulihan sektor penerbangan hingga menyamai kondisi sebelum adanya pandemi Covid-19 akan tercapai pada 2024 - 2025.

Philip memproyeksikan bahwa penerbangan di Eropa tumbuh dan diperkirakan akan pulih pada 2024, sementara di kawasan Asia Pasifik diperkirakan pada 2025.

Philip Goh menambahkan bergeliatnya lalu lintas penerbangan internasional di Indonesia akan turut mendukung pemulihan sektor penerbangan global.

Berdasarkan data terbaru yang dirilis IATA, pada Februari 2022 kawasan Amerika Utara meraih pangsa pasar penerbangan global terbesar dengan porsi mencapai 32,7 persen diikuti Asia Pasifik dengan 27,6 persen pangsa pasar, lalu Eropa sebesar 24,9 persen, Amerika Latin sebesar 6,5 perasn, Timur Tengah sebesar 6,5 persen, dan Afrika sebesar 1,9 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper