Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cerita Luhut soal Usulan Tiket Candi Borobudur Naik Jadi Rp750.000

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan menceritakan terkait pertimbangan menaikkan harga tiket Candi Borobudur menjadi Rp750.000.
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Bisnis/Triawanda Tirta Aditya
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Bisnis/Triawanda Tirta Aditya

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan kenaikan tarif dan pembatasan pengunjung Candi Borobudur sudah dipertimbangkan dan disarankan oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO).

Luhut mengatakan hal ini dalam rapat dengan Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) pada Kamis (9/6/2022).

Luhut mengatakan terkait penetapan tarif Candi Borobudur yang naik menjadi Rp750.000 tersebut sudah dilakukan studi komprehensif dengan UNESCO. Adapun, tarif ini ditunda dahulu karena dinilai terlalu mahal.

"Kita bikin studi komprehensif dengan UNESCO di situ, dan angka itu keluar," kata Luhut saat rapat di Banggar DPR, Kamis (9/6/2022).

Luhut menjelaskan penetapan tiket masuk dan pembatasan stupa Candi Borobudur sudah melalui banyak pertimbangan.

Dia mengatakan dengan selesainya pengerjaan Jalan Tol Joglo Semar yang melewati wilayah Borobudur diprediksikan akan dilintasi 26 juta pengguna yang melewati tol tersebut.

"Jadi dengan kita buka jalan tol sekarang, itu satu tahun akan masuk 26 juta orang, berapa juta bisa masuk ke Borobudur. Jadi harus kita tata," ujarnya.

Luhut juga mengatakan wilayah sekitar Borobudur sudah kembali dipenuhi oleh wisatawan dengan pembukaan kembali pariwisata setelah penyebaran Covid-19 berkurang.

Saat ini pun Candi Borobudur telah mengalami pengurangan ketinggian dan kerusakan sehingga UNESCO memberikan saran untuk membatasi jumlah pengunjung.

"Kita menentukan 1.200 (wisatawan) itu juga saran dari UNESCO karena sudah terjadi penurunan dan juga jadi kerusakan itu barang yang sangat langka di dunia," kata Luhut.

Luhut juga mengatakan pemerintah akan membenahi kawasan sekitar Candi, baik seperti tata letak dan sampah yang menumpuk di daerah Borobudur. Dia mengatakan ketika di daerah Borobudur, 35 meter sudah terlihat sampah dan memberikan bau kepada Borobudur.

Sebelumnya, Luhut dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sepakat untuk menunda rencana penetapan tarif naik ke Candi Borobudur Rp750.000.

“Saya sampaikan kepada beliau, ini banyak yang protes, menurut saya diendapkan dan beliau setuju. Ini soal tarif jangan dibicarakan dulu, di-postpone dulu, dan memang TWC [Taman Wisata Candi] sama balai sedang komunikasi, maka masyarakat tidak perlu resah. Itu penting untuk disampaikan,” kata Ganjar usai bertemu dengan Luhut, di Rumah Dinas Gubernur (Puri Gedeh), dikutip dari keterangan resminya, Selasa (7/6/2022).

Ganjar menjelaskan penataan di kawasan Candi Borobudur memang masih terus dilakukan. Untuk itu, dia menilai harus dicarikan skema-skema terbaik untuk mengatur wisatawan yang hendak naik ke atas candi. Baik dengan pembatasan kuota maupun dengan instrumen lain, seperti salah satunya penentuan tarif masuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper