Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Progres Proyek Pelabuhan Patimban Tahap 1-2

Kemenhub menjelaskan progres proyek Pelabuhan Patimban tahap 1-2.
Dany Saputra
Dany Saputra - Bisnis.com 08 Juni 2022  |  19:16 WIB
Ini Progres Proyek Pelabuhan Patimban Tahap 1-2
Kapal Roro KMP Ferrindo 5 sandar di Terminal Kendaraan Pelabuhan Patimban, Subang, Minggu (10/1/2021). Kapal ini jadi jenis Roro pertama yang bersandar dan melayani lintasan Patimban, Subang-Panjang, Lampung. - Bisnis/Rinaldi M Azka

Bisnis.com, JAKARTA - Pembangunan Pelabuhan Patimbang di Subang, Jawa Barat terus dilanjutkan. Saat ini, pembangunan pelabuhan tersebut sudah memasuki tahap 1-2 yang meliputi pembangunan terminal peti kemas.

Plt. Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Arif Toha mengatakan bahwa pembangunan tahap 1-2 Pelabuhan Patimban ditargetkan akan mulai pada tahun ini. Dia pun mengungkap saat ini pinjaman (loan) untuk pembangunan sudah hampir disetujui, kendati jumlahnya tidak spesifik diinformasikan.

"[Pembangunan pelabuhan] Patimban berlanjut. Loan-nya juga sudah hampir ditandatangani untuk tahap 2, itu untuk perluasan terminal dan peti kemasnya," terang Arif saat ditemui di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (8/6/2022).

Kemenhub sebelumnya menyampaikan bahwa pembangunan tahap 1-2 yang akan dilakukan mencakup terminal peti kemas berkapasitas hingga 3,5 juta TEUs, serta terminal kendaraan dengan kapasitas total sampai dengan 600.000 kendaraan completely built-up (CBU). dan terminal kapal Ro-Ro.

Pemerintah berharap agar nantinya Pelabuhan Patimban, Jawa Barat akan bisa melengkapi Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Pelabuhan tersebut ditargetkan bisa menampung kapasitas sebanyak 7,5 juta TEUs setiap tahunnya untuk peti kemas, dan 600.000 kendaraan CBU.

"Priok dan Patimban adalah complementary karena Priok yang di Jakarta aksesnya terbatas, dan memengaruhi biaya logistik. Maka, kita berikan jalan keluar terutama bagi industri sekitar Jawa Barat, Cikarang, aksesnya lebih gampang ke Patimban," tuturnya.

Saat ini, Pelabuhan Patimban telah aktif melayani pelayanan terminal untuk sekitar 160.000 unit kendaraan pada tahun ini. Tidak hanya itu, kegiatan ekspon sudah beberapa kali dilakukan dari Pelabuhan Patimbang dengan tujuan ke Pelabuhan Brunei Darussalam, Filipina, Thailand, Singapura, dan Jepang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pelabuhan Kemenhub pelabuhan patimban
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top