Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang G20, Ini Progres Terminal VVIP Bandara Ngurah Rai

Terminal VVIP ini akan direvitalisasi dengan konsep desain Bali Modern. Warna bernuansa putih (modern) tetapi sentuhan kearifan lokal Balinya masih terlihat.
Suasana terminal kedatangan bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali pada Senin (7/3/2022) pada hari pertama uji coba bebas karantina PPLN/Bisnis-Wibi Pangestu. 
Suasana terminal kedatangan bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali pada Senin (7/3/2022) pada hari pertama uji coba bebas karantina PPLN/Bisnis-Wibi Pangestu. 

Bisnis.com, JAKARTA- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan progres revitalisasi terminal VVIP Bandara Ngurah Rai Bali yang telah dimulai pada Maret 2022 berjalan baik guna mendukung pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada November 2022 mendatang.

Sejauh ini, kata Menhub, progresnya berjalan baik. "Kita harapkan ini bisa selesai pada bulan Agustus 2022 dan sudah bisa digunakan untuk menyambut tamu negara,” ujarnya melalui keterangan resmi, Sabtu (4/6/2022).

Menhub menjelaskan terminal VVIP ini akan direvitalisasi dengan konsep desain Bali Modern. Warna bernuansa putih (modern) tetapi sentuhan kearifan lokal Balinya masih terlihat.

Selama dilakukannya pekerjaan revitalisasi terminal VVIP, pelayanan kepada tamu negara dan Presiden sementara waktu menggunakan terminal milik TNI AU.

Kegiatan revitalisasi terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali merupakan bagian dari Pelaksanaan Peraturan Presiden nomor 116 tahun 2021 tentang percepatan pelaksanaan acara internasional di Provinsi Bali, Provinsi DKI Jakarta, Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Kemenhub telah melakukan langkah-langkah strategis dalam mendukung Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Tahun 2022, serta berkolaborasi dengan berbagai pihak terkait untuk memfasilitasi aksesibilitas transportasi bagi para delegasi G20. Salah satunya yaitu Kemenhub berkolaborasi dengan KemenPUPR dan Kementerian/Lembaga terkait lainnya, untuk melakukan kegiatan revitalisasi terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali.

Rancangan terminal VVIP ini mengusung tema arsitektur tradisional Bali yang dikenal dengan nama Wantilan yaitu bangunan yang berfungsi sebagai tempat pertemuan masyarakat adat Bali dan juga ditambah dengan ukiran ornamen, lukisan, dan tanaman khas Bali, seperti: kain Songket Bali, tanaman Jepun Bali, Pucuk Rajuna, Jempiring, serta benda seni patung Garuda dan Singa Ambara Raja.

Adapun ruang lingkup pekerjaan revitalisasi terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai meliputi beautifikasi terminal VVIP (eksisting) seluas 1.063 m2; pembangunan terminal VVIP (baru) seluas 1.000 m2; penataan lansekap dan service road (baru) seluas 3.250 m2; dan realokasi EMPU kargo dan bangunan terdampak seluas 300 m2.

Melalui revitalisasi ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan transportasi dan memberikan dampak positif bagi Indonesia sebagai tuan rumah Presidensi G20.

Sejumlah upaya lainnya yang dilakukan Kemenhub untuk mendukung kegiatan KTT G20 diantaranya yakni: Persiapan Bandara I Gusti Ngurah Rai, Pengadaan Bus dan Charging Station, Pengadaan Halte Trans Metro Dewata, Perbaikan Pengaturan Lalu Lintas di Bali, Pengembangan Terminal Wisata Labuan Bajo, Pengembangan Bandara Komodo, dan Revitalisasi Bandara Halim Perdana Kusuma sebagai Pintu Gerbang Tamu Negara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper