Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PMI Manufaktur RI Turun Tipis ke Level 50,8 pada Mei 2022, Ada Apa?

S&P Global Purchasing Manufacturing Index (PMI) Indonesia turun tipis 51,9 poin pada Mei 2022.
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 02 Juni 2022  |  19:00 WIB
PMI Manufaktur RI Turun Tipis ke Level 50,8 pada Mei 2022, Ada Apa?
Pekerja menyelesaikan pembuatan perangkat alat elektronik rumah tangga di PT Selaras Citra Nusantara Perkasa (SCNP), Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (19/8/2020). Bisnis - Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA – S&P Global Purchasing Manufacturing Index (PMI) mengumumkan kinerja manufaktur Indonesia melemah pada Mei 2021. Indeks manufaktur turun tipis 51,9 poin dari April menjadi 50,8 poin.

Output manufaktur Indonesia turun sedikit di tengah kendala pasokan, dengan waktu pengiriman rata-rata diperpanjang sehingga berdampak terhadap bertambahnya pekerjaan yang tertunda.

"Produksi manufaktur RI turun untuk pertama kalinya dalam 9 bulan terakhir pada Mei 2022, meskipun tidak signifikan," tulis laporan tersebut, Kamis (2/6/2022).

Laporan tersebut juga menyampaikan peningkatan aktivitas bisnis serta lapangan kerja baru pada Mei lebih rendah dibandingkan dengan April 2022. Optimisme sektor manufaktur juga berada di level terendah pada Mei lalu.

Kendati demikian, PMI Mei 2022 tetap menunjukkan kondisi dunia usaha yang baik selama sembilan bulan berturut-turut di seluruh sektor manufaktur Indonesia.

Sementara itu, pesanan baru dan permintaan dari luar negeri di di sektor manufaktur secara keseluruhan mengalami sedikit peningkatan pada pertengahan kuartal II/2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

purchasing manager index industri manufaktur indeks manufaktur
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

back to top To top