Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ranking Indeks Pariwisata Indonesia Naik, Nomor 8 di Asia Pasifik

Peringkat indeks pariwisata Indonesia lebih baik dari beberapa negara tetangga seperti Thailand, Malaysia, Vietnam, dan Filipina.
Labuan Bajo/Istimewa
Labuan Bajo/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Setelah dihantam pandemi, sektor pariwisata Indonesia kembali menduduki peringkat yang relatif bagus dalam indeks pemeringkatan yang disusun World Economic Forum (WEF). Di level Asia Pasifik, posisi Indonesia juga tergolong baik.

Mengutip laporan Travel & Tourism Development Index 2021 WEF edisi Mei 2022, industri pariwisata Tanah Air menempati peringkat 32 dari total 117 negara seluruh dunia. Posisi ini naik 12 peringkat bila dibandingkan capaian Indonesia pada 2019, alias tahun terakhir prapandemi.

Di kawasan Asia Pasific, sektor pariwisata Tanah Air juga berhasil masuk dalam deretan 10 besar. Tepatnya menempati peringkat 8. Di atas RI, terdapat beberapa negara, di antaranya Jepang yang duduk di peringkat pertama, Australia, dan Singapura.

Sementara itu, negara di kawasan Asia Pasifik lainnya seperti Thailand, Malaysia, Vietnam, Filipina, Sri Langka, Kamboja, Laos, Pakistan, Mongolia, Bangladesh, dan Nepal masih duduk di peringkat yang lebih rendah dibandingkan Indonesia.

Menurut laporan yang sama, Asia Pasific merupakan kawasan dengan kinerja di sektor pariwisata tertinggi kedua di dunia. Dari 20 negara, tak kurang 13 di antaranya berhasil memperbaiki indeks sektor pariwisatanya sejak 2019.

Industri pariwisata Asia Pasifik dinilai memiliki beberapa faktor pendukung. Di antaranya adalah kombinasi antara wisata alam dan kebudayaan, serta wisata ramah lingkungan.

Sebagai informasi, pemeringkatan Travel & Tourism Development Index 2021 didasarkan kepada faktor-faktor dan kebijakan yang mendukung keberlanjutan serta pengembangan sektor pariwisata, termasuk kontribusinya terhadap pembangunan negara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper