Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sandiaga Uno Targetkan 30 Juta UMKM Terdigitalisasi di 2023

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menargetkan 30 juta UMKM atau setengah dari UMKM yang ada di Indonesia sudah terdigitalisasi.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 27 Mei 2022  |  13:30 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno.  - Kemenparekraf
Menparekraf Sandiaga Uno. - Kemenparekraf

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menargetkan 30 juta UMKM sudah masuk ke dalam ekosistem ekonomi digital.

Dia mengatakan, saat ini terdapat 17 juta UMKM yang telah terdigitalisasi sehingga tahun depan, dirinya menargetkan 30 juta UMKM atau setengah dari UMKM yang ada di Indonesia sudah terdigitalisasi.

"Sejauh ini sudah 17 juta yang sudah terdigitalisasi. Targetnya, tahun depan 30 juta UMKM kita akan masuk ke dalam ekosistem ekonomi digital atau sekitar dari setengah UMKM yang ada di Indonesia," kata Sandiaga kepada awak media di sela-sela acara Karya Kreatif Indonesia 2022 (KKI) di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (27/5/2022).

Di lain sisi, Sandiaga berharap ekspor-ekspor produk Indonesia semakin meningkat melalui program-program etalase KKI, mengingat sebelumnya ekspor produk Indonesia bisa menembus US$21 miliar.

Dengan begitu, kata Sandi, pelaku UMKM dapat menembus pasar global sehingga dapat menjadi penopang kebangkitan ekonomi Indonesia. Apalagi, dunia saat ini tengah dilanda ketidakpastian.

Kendati demikian, Sandiaga optimistis, UMKM Indonesia dapat naik kelas dan berdaya saing.

"Dengan digitalisasi kita, UMKM yang terus terkurasi saya yakin akan terus terbuka peluang. Saya optimis akan terjadi suatu transformasi teman-teman di UMKM ini untuk naik kelas, berdaya saing, sehingga bisa membuka peluang usaha dan lapangan kerja seluas-luasnya," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

umkm digitalisasi sandiaga uno
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top