Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PLN Resmikan SPKLU di Perumahan Dekat Bandara Soekarno-Hatta

PT PLN (Persero) meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) ke-5 di Aeropolis Tangerang, Banten.
Faustina Prima Martha
Faustina Prima Martha - Bisnis.com 27 Mei 2022  |  00:10 WIB
Petugas mengisi daya mobil listrik di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di kawasan Fatmawati, Jakarta, Sabtu (12 - 12 / 2020). Fast charging 50 kW ini didukung berbagai tipe gun mobil listrik. ANTARA FOTO\\r\\n
Petugas mengisi daya mobil listrik di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di kawasan Fatmawati, Jakarta, Sabtu (12 - 12 / 2020). Fast charging 50 kW ini didukung berbagai tipe gun mobil listrik. ANTARA FOTO\\\\r\\\\n

Bisnis.com, JAKARTA - PT PLN (Persero) meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) ke-5 di Aeropolis Tangerang, Banten. Aeropolis merupakan area perhotelan dan apartemen yang dekat dengan wilayah metropolitan Tangerang dan juga Bandara Soekarno-Hatta.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Banten, Sandika Aflianto berharap dengan terus bertambahnya SPKLU dapat mempermudah pengguna kendaraan listrik untuk melakukan charging dan juga dapat menggugah masyarakat yang lainnya untuk tidak ragu menggunakan kendaraan listrik.

"Kami yakin kendaraan berbasis listrik ini adalah kendaraan masa depan yang akan semakin bertambah penggunanya, sehingga kami berkomitmen untuk menyiapkan infrastrukturnya," jelas Sandika dalam keterangannya, Kamis (26/05/2022).

Fasilitas ini adalah SPKLU ke-5 yang beroperasi di Provinsi Banten. Sandika menuturkan, pengembangan infrastruktur kendaraan listrik ini merupakan komitmen PLN terhadap Peraturan Presiden terkait Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) serta sebagai upaya untuk dapat berkontribusi pencapaian Net Zero Emission (NZE) pada 2060.

“Kami terus berupaya untuk menggandeng berbagai pihak untuk dapat turut menciptakan terwujudnya ekosistem kendaraan bermotor listrik berbasis baterai, guna menciptakan Indonesia yang tidak hanya bebas dari polusi, namun juga dalam jangka panjang, sekaligus mengurangi ketergantungan terhadap energi fosil yang tidak dapat diperbarui,” lanjut Sandika.

Wakil Walikota Tangerang, Sachrudin mengapresiasi langkah PLN untuk kembali menghadirkan SPKLU di Kota Tangerang dan menjadi komitmen pemerintah pusat dalam upaya menghemat energi sebagai sumber daya yang terbarukan dan dapat terus diperbaharui.

"Kami berharap Kota Tangerang menjadi pilot project smart city dengan akomodasi mobil listrik sebagai transportasi umum dan membuka peluang bagi siapapun untuk berinvestasi di Kota Tangerang seperti perusahaan pendukung elemen kendaraan listrik," jelas Sachrudin.

Sejalan dengan itu, Direktur Pengembangan Bisnis PT Intiland Development Tbk., Permadi Indrayoga, menyambut baik  pembangunan penyediaan sarana pendukung fasilitas SPKLU di proyek Aeropolis, Tangerang. Ia berharap kerja sama ini bisa terus diperluas dengan menyediakan layanan SPKLU ke proyek-proyek Intiland yang lainnya.

Keberadaan SPKLU ini akan meningkatkan mutu layanan kepada para konsumen sekaligus mendukung gerakan Electrifying Lifestyle yang menjadi tren baru gaya hidup masyarakat.

"Sebagai perusahaan publik kami memiliki sustainable development program, yang berorientasi kepada lingkungan, dengan tujuan untuk mencapai net zero emission di tahun 2060. Salah satu wujud dukungan perseroan yaitu dengan program pendirian SPKLU di kawasan Aeropolis ini," kata Permadi.

Permadi menuturkan, SPKLU di Aeropolis ini telah terintegrasi dengan aplikasi PLN Mobile.

"Sebagai bentuk kerja sama kami dan PLN, saat ini kami tidak mengenakan tarif untuk area kami, sehingga kami betul-betul beri _full support_ untuk menyukseskan program SPKLU ini," ujar Permadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

PLN bandara soekarno-hatta intiland stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU)
Editor : Reni Lestari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top