Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Catat! Ini Perubahan Pola Operasi KRL Line Bogor dan Bekasi Mulai 28 Mei 2022

Simak perubahan pola operasi KRL commuter line Bogor dan Bekasi/Cikarang yang berlaku mulai 28 Mei 2022.
Dany Saputra
Dany Saputra - Bisnis.com 23 Mei 2022  |  18:50 WIB
KRL Commuter Line/ ANTARA FOTO - Fauzan
KRL Commuter Line/ ANTARA FOTO - Fauzan

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) menjelaskan perubahan pola operasi angkutan KRL atau commuter line sebagai dampak switch over atau SO ke-5 untuk pembangunan Stasiun Manggarai, Jakarta. Efeknya, pola operasi KRL Bogor dan Bekasi akan berubah mulai 28 Mei 2022. 

Untuk diketahui, setelah kegiatan SO 5 rampung pada Sabtu (28/5/2022), jalur KRL Stasiun Manggarai sebagai center station akan mengalami penyesuaian yang setelahnya diikuti oleh penyesuaian Grafik Perjalanan Kereta Api (GAPEKA) KRL Commuter Line.

"Pola operasi KRL commuter line akan berubah secara permanen, khususnya untuk line Bogor dan Bekasi/Cikarang," ujar VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba dalam keterangan resmi, Senin (23/5/2022). 

Setelah SO 5, lanjutnya,  lintasan KRL dari arah Bogor atau Depok menuju Stasiun Jakarta Kota akan melalui jalur layang di lantai 3 Stasiun Manggarai. Artinya, Anne memaparkan jalur layang tersebut akan dilewati oleh kereta menuju Gondangdia, Cikini, sampai dengan Jakarta Kota secara langsung.

Dengan demikian, penumpang KRL yang berangkat awalnya dari Bekasi menuju Jakarta Kota bisa terlebih dahulu transit di Manggarai untuk naik ke lantai 3.

"Jadi semua kereta yang dari Bekasi itu tidak ada naik jalur layang, tapi melalui jalur 6 dan 7," kata Anne.

Sebaliknya, setelah adanya SO 5, penumpang dari Bogor menuju arah Sudirman, Tanah Abang, Duri, dan Angke akan harus transit terlebih dahulu di Manggarai dan turun ke jalur 6 dan 7. 

"Jadi dari Cikarang dan Bekasi, ini akan melayani [ke arah] Tanah Abang, Duri, dan Angke baik dari Pasar Senen maupun Manggarai," jelas Anne.

Adapun, line KRL Bekasi/Cikarang nantinya akan menggunakan dua pola operasi yakni full racket (seperti loopline), dan half racket. Untuk rute full racket, pola operasi KRL dari Bekasi/Cikarang setelah SO 5 yakni Cikarang/Bekasi – Jatinegara – Manggarai – Kampung Bandan – Pasar Senen – Jatinegara – Bekasi/Cikarang.

Lalu, Cikarang/Bekasi – Jatinegara – Pasar Senen – Kampung Bandan – Manggarai – Jatinegara – Bekasi/Cikarang.

Untuk half racket yakni Cikarang/Bekasi – Jatinegara – Manggarai - Tanah Abang – Kampung Bandan (PP), dan Cikarang/Bekasi – Jatinegara – Manggarai - Tanah Abang - Angke (PP).

Dengan demikian, perubahan jalur tersebut diharapkan bisa mempermudah para pelanggan agar tidak perlu menyeberangi rel di Stasiun Manggarai.

"Untuk transit ke Jakarta Kota dari Bekasi mereka tinggal naik tangga atau lift yang disiapkan [ke lantai3], demikian yang dari Bogor tinggal turun ke jalur 6 dan 7 menuju Sudirman, Tanah Abang, sampai Duri dan Angke," tuturnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

commuter line manggarai krl jabodetabek kai commuter
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top