Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Duh! Wapres Ma'ruf Amin Sebut Akses Air Minum Aman RI Baru 11 Persen

Wapres Ma'ruf Amin mengatakan kemitraan global diperlukan untuk menggenjot capaian akses air minum aman dan sanitasi aman di Indonesia yang masih rendah hingga tahun 2022.
Faustina Prima Martha
Faustina Prima Martha - Bisnis.com 19 Mei 2022  |  08:55 WIB
Wakil Presiden Ma'ruf Amin. JIBI - Bisnis/Nancy Junita @najwashihab
Wakil Presiden Ma'ruf Amin. JIBI - Bisnis/Nancy Junita @najwashihab

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menekankan perlunya peningkatan kemitraan global untuk mengejar capaian akses air minum aman dan akses sanitasi aman di tahun ini.

Wapres Ma'ruf Amin mengatakan kemitraan global diperlukan untuk menggenjot capaian akses air minum aman dan sanitasi aman di Indonesia yang masih rendah hingga tahun 2022.

Ma'ruf menyebut akses air minum dan sanitasi layak di Indonesia sudah mencapai 80 persen. Akan tetapi, capaian akses air minum aman 11 baru persen dan akses sanitasi aman hanya 7 persen.

Sementara itu, data United Nation-Water mencatat bahwa saat ini sekitar 2 miliar manusia di dunia tidak memiliki akses terhadap air minum yang aman, dan lebih dari 3 miliar orang tidak memiliki akses terhadap sanitasi yang aman. Oleh karena itu, diperlukan strategi untuk mengatasi tantangan tersebut.

"Melalui kemitraan global yang kuat, akan tercipta perencanaan yang matang dan pendekatan yang terintegrasi dalam mengatasi permasalahan ini," kata Ma'ruf Amin dalam acara pembukaan Sector Ministers' Meeting 2022 Sector Ministers' Meeting 2022 di Jakarta, Rabu (18/5/2022).

Ma'ruf Amin menegaskan ketersediaan akses air bersih dan sanitasi harus menjadi prioritas pembangunan. Bahkan, dia menyebut terpenuhinya akses sanitasi dan air bersih adalah syarat mencapai transisi ekonomi hijau.

"Komitmen pemerintah akan mendorong mobilisasi sumber daya, mengingat terpenuhinya akses sanitasi dan air bersih adalah syarat untuk mencapai transisi ekonomi hijau. Selain itu, kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat akan meningkat," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

air minum sanitasi air bersih Ma'ruf Amin wapres ma'ruf amin
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top