Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Strategi Bank Indonesia Dorong Pemulihan UMKM, Inovasi Digital!

Bank Indonesia menilai inovasi digital menjadi salah satu cara bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk pulih lebih cepat dari dampak pandemi Covid-19.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 11 Mei 2022  |  20:05 WIB
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memberikan keterangan melalui streaming di Jakarta, Selasa (14/4 - 2020). Dok. Bank Indonesia
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memberikan keterangan melalui streaming di Jakarta, Selasa (14/4 - 2020). Dok. Bank Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA - Bank Indonesia melakukan berbagai inisiatif dalam mendorong pemulihan dan pengembangan UMKM, terutama pada masa pandemi Covid-19 yang telah menyebabkan krisis perekonomian secara global.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menyampaikan bahwa salah satu inisiatif tersebut, yaitu melalui inovasi digital.

“Platform digital efektif dalam membantu UMKM untuk memulihkan bisnis mereka. Digitalisasi selain meningkatkan akses pasar, juga meningkatkan inklusi keuangan, khususnya melalui pemanfaatan keuangan digital,” katanya dalam International Seminar on Digital Transformation for Financial Inclusion of Women, Youth, and MSMEs to Promote Inclusive Growth, Rabu (11/5/2022).

Perry menyampaikan, BI konsisten mengimplementasikan inisiatif pengembangan UMKM berdasarkan tiga pilar kebijakan, di antaranya korporatisasi, pengembangan kapasitas, dan perluasan akses fasilitas pembiayaan.

“Di luar itu, BI juga mendorong dan mempromosikan UMKM melalui transformasi digital yang komprehensif dan inklusif yang dilakukan di sepanjang value chain untuk mendukung terciptanya ekosistem digital yang terintegrasi,” jelasnya.

Inisiatif digitalisasi UMKM tersebut bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi, memperluas akses pasar dalam skala nasional dan global, serta mempermudah akses pembiayaan bagi UMKM.

Dari sisi permintaan, BI mendorong kapasitas dan daya saing UMKM, serta mendorong pemanfaatan digitalisasi yang lebih besar melalui proses bisnis UMKM.

Sementara dari sisi pasokan, BI menyiapkan infrastruktur untuk memfasilitasi UMKM dalam transformasi digital, salah satunya melalui penerapan QR core Indonesia Standard (QRIS).

“Data kami per 18 maret 2022, sudah tercapai 16,1 juta merchant QR yang terdaftar, 89 persen di antaranya adalah UMKM,” jelasnya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Bank Indonesia umkm Covid-19
Editor : Anggara Pernando

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top