Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Puncak Arus Balik, ASDP: Penyeberangan Jawa-Bali Terpantau Lancar

Berdasarkan data ASDP, pergerakan dari lintasan Ketapang-Gilimanuk dilaporkan dalam kondisi ramai, lancar, dan tidak mengantre di Pelabuhan Ketapang.
Dany Saputra
Dany Saputra - Bisnis.com 09 Mei 2022  |  05:49 WIB
Antrean panjang kendaraan pemudik yang menggunakan mobil terjadi di Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana, Bali, Sabtu (30/4/2022) malam. Lonjakan jumlah pemudik kerap terjadi pada sore hingga malam hari di Pelabuhan Gilimanuk untuk menyebrang ke pulau Jawa melalui Pelabuhan Ketapang.  - Bisnis/Muhammad Olga
Antrean panjang kendaraan pemudik yang menggunakan mobil terjadi di Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana, Bali, Sabtu (30/4/2022) malam. Lonjakan jumlah pemudik kerap terjadi pada sore hingga malam hari di Pelabuhan Gilimanuk untuk menyebrang ke pulau Jawa melalui Pelabuhan Ketapang. - Bisnis/Muhammad Olga

Bisnis.com, JAKARTA – PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mencatat arus balik penyeberangan Jawa-Bali terpantau lancar pada H+4 Lebaran 2022.

Berdasarkan data posko ASDP 24 jam pada saat arus balik, pergerakan dari lintasan Ketapang-Gilimanuk dilaporkan dalam kondisi ramai, lancar, dan tidak mengantre di Pelabuhan Ketapang sejak pukul 08.00 WIB Sabtu (7/5/2022) sampai dengan 08.00 WIB Minggu (8/5/2022).

ASDP juga mencatat 43.324 orang telah menyeberang dari Ketapang menuju Gilimanuk, diikuti oleh 5.469 unit sepeda motor, 5.604 unit mobil, 214 unit mobil, dan 534 unit truk. Dengan demikian, total seluruh kendaraan pada H+4 sebanyak 11.821 unit.

"Penanganan arus balik di Ketapang, Banyuwangi sangat kondusif melalui koordinasi aktif seluruh stakeholder, hingga pemanfaatan lokasi check point dan alur yang rapi, sehingga arus kendaraan dan penumpang meski ramai tapi tetap mengalir lancar," ujar Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin, dikutip dari siaran pers, Minggu (8/5/2022).

Secara akumulatif, jumlah penumpang yang telah kembali ke Pulau Bali sejak 3 Mei 2022 sampai dengan 7 Mei 2022 yakni sebanyak 179.429 orang.

Kemudian, realisasi kendaraan secara akumulatif yang telah kembali ke Pulau Bali pada periode yang sama yaitu sebanyak 44.700 unit.

Adapun, terdapat 46 kapal yang standby di Ketapang-Gilimanuk. Lalu, terdapat 28 unit kapal yang siap beroperasi harian dengan rata-rata 388 trip per hari serta 5 unit kapal yang tengah melakukan docking.

Sementara itu, arus mudik penyeberangan dari Sumatera menuju Jawa masih terpantau ramai lancar via Pelabuhan Bakauheni, Lampung pada hari ini, Minggu (8/5/2022). Kondisi tersebut kendati puncak arus mudik diprediksi sudah terjadi kemarin, Sabtu (7/5/2022).

Berdasarkan pantauan ASDP, pergerakan mobil pribadi dan sepeda motor masih terpantau ramai sejak kemarin malam dan terus mengalir hingga siang hari ini. Kemarin, sebanyak 160.000 orang dan 38.945 unit kendaraan telah menyeberang kembali ke Pulau Jawa.

ASDP tetap mengimbau agar masyarakat yang akan melakukan perjalanan dengan kapal ferry saat Angkutan Lebaran 2022 dari empat pelabuhan utama yakni Merak-Bakauheni-Ketapang-Gilimanuk, untuk tetap mengatur perjalanan sedini mungkin dengan melakukan reservasi mandiri melalui aplikasi Ferizy.

Para pelaku perjalanan juga diimbau untuk menjaga stamina kesehatan dan kendaraan tetap prima, menerapkan protokol kesehatan secara ketat, serta tetap mewaspadai potensi cuaca buruk.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

penyeberangan ketapang asdp Arus Balik
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top