Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Intip 3 Desain Rumah Modern ala Korea dan Elemen Pelengkap Interiornya

Trenbudaya Korea masih terus digandrungi oleh kaum muda di Indonesia. Berbagai tren budaya Korea dari musik, fashion, kuliner hingga desain rumah Korea menjadi favorit berbagai kalangan masyarakat
Faustina Prima Martha
Faustina Prima Martha - Bisnis.com 08 Mei 2022  |  11:13 WIB
Korea Selatan - Istimewa
Korea Selatan - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Tren budaya Korea masih terus digandrungi oleh kaum muda di Indonesia. Berbagai tren budaya Korea dari musik, fashion, kuliner hingga desain rumah Korea menjadi favorit berbagai kalangan masyarakat.

Jika dilihat dari estetika, desain rumah yang banyak muncul dalam drama Korea menarik minat banyak orang. Pasalnya, desain rumah a la Korea mampu kesan yang cantik, manis, dan hangat.

Berikut beberapa inspirasi desain rumah a la Korea yang dirangkum Bisnis, dilansir dari home-designing.com dan homify.com, Minggu (08/05/2022):

1. Ga On Jai House

Ga On Jai House tampak seperti transformasi hunian masa dinasti Joseon yang dikemas dengan sentuhan arsitektur modern, elegan, dan indah.

Salah satu ciri khas dari bangunan ini ialah setiap lahannya digunakan secara optimal, termasuk untuk kepentingan ekologis.

Rumah ini memiliki ruang terbuka hijau yang dipenuhi aneka ragam tumbuhan dan unsur air, yang membuat suasana terasa sejuk dan asri.

Meski terdapat ruang terbuka, namun privasi dan keamanan penghuni tetap terjaga karena bentuk bangunan yang mengelilingi area taman.

Salah satu faktor unik dari rumah ini adalah atapnya yang melengkung ke atas, yaitu Cheoma. Kita dapat merasakan sentuhan tradisional begitu melihat Ga On Jai House dari kejauhan.

Atap Cheoma juga dirancang untuk menyesuaikan dengan iklim dan cuaca Korea yang memiliki empat musim. Bentuk atap ini mempengaruhi sinar matahari yang masuk ke dalam bangunan.

2. Doo Jip House

Doo Jip House merupakan desain rumah khas Korea yang dibangun di perbukitan.

Sekilas rumah tampak seperti hunian untuk satu keluarga, tapi ternyata bagian dalam rumah dirancang cukup luas sehingga memungkinkan setiap penghuninya melakukan aktivitas secara bebas.

Kombinasi desain minimalis dan sentuhan hangat dari warna kayu juga membuat interior rumah ini nampak begitu rapi dan menawan.

Doo Jip House memiliki konsep semi terbuka, di mana kaca digunakan sebagai partisi antar ruang untuk menciptakan kesan lebih luas.

3. Nuwa House

Nuwa house memadukan pesona hunian tradisional Korea dengan gaya modern. Sentuhan ornamen kayu lengkap dengan gaya lesehan, mampu menciptakan atmosfer menenangkan sekaligus homey.

Menggunakan warna-warna netral serta menyertakan elemen hunian modern seperti kaca, ampuh menciptakan tampilan yang seimbang meski dengan space yang tidak terlalu besar.

Nuwa House merupakan representasi yang tepat, bagaimana desain rumah korea zaman dulu berpadu dengan gaya minimalis modern. 

Sementara itu, beberapa elemen yang dapat anda terapkan untuk menghadirkan desain interior a la Korea adalah:

1. Penggunaan Warna Pastel dan Natural

Desain rumah a la Korea yang dapat dijadikan inspirasi adalah penggunaan palet warna pastel yang lembut sebagai warna dominan rumah Anda.

Selain mengurangi kesan mencolok, penggunaan warna pastel dan netral dapat membuat hunian menjadi lebih menarik dan indah dilihat.

2. Penggunaan Kasur Bawah untuk Kamar Tidur

Inspirasi rumah Korea minimalis dapat digunakan untuk ruang tidur. Kasur diletakkan di lantai dengan lemari terbuka di sisinya membuat kamar tampak sangat aesthetic.

Meski demikian, karena terdapat lemari terbuka pakaian yang diletakkan di lemari harus selalu rapi agar tidak mengganggu pemandangan.

Jika Anda memilih warna netral untuk ruang tamu, maka disarankan anda juga menggunakan pilihan warna cat yang sama di kamar tidur.

Anda bisa memilih warna abu-abu atau putih, atau bahkan kombinasi keduanya sebagai warna cat kamar tidur.

3. Penggunaan Aksesoris Warna-warni pada Dapur

Dengan palet warna putih pada dinding dapur, aksesori dapur yang kreatif dan berwarna cerah dibiarkan menonjol. Dapur modern ini memanfaatkan ruang secara efisien sehingga meskipun tidak termasuk yang paling luas, dapur ini terasa sama terbuka dan layak huni seperti ruang gourmet yang jauh lebih besar.

Meja makan kayu alami sederhana dengan bangku yang serasi adalah sentuhan akhir yang unik namun modern.

4. Penggunaan Nuansa Putih pada Kamar Mandi

Kamar mandi rumah Korea memiliki nuansa minimalis. Penggunaan warna putih pun menimbulkan kesan yang bersih dan elegan.

Selain itu, kamar mandi Korea biasanya tidak memiliki bathtub di dalamnya, sehingga shower lebih banyak digunakan.

5. Ruang Tamu dengan Dominasi Warna Netral

Ruang tamu rumah Korea modern melahirkan tampilan yang terang dan minimalis. Ruang tamu rumah Korea terlihat sangat cantik dengan dominasi warna-warna netral, seperti putih, abu-abu, cokelat, atau krem.

Penggunaan warna netral tentu saja menjadikan ruang tamu rumah Korea modern terlihat lebih bersih dan lapang.

Untuk furniture, rumah Korea Modern biasanya menggunakan perabot berkaki pendek. Tetapi, jenis perabotannya memiliki detail yang unik dan sangat menarik perhatian.

6 Pencahayaan Rumah yang Memadai

Desain interior rumah Korea menekankan harmoni spasial adalah melalui penggunaan cahaya alami. Secara keseluruhan, cahaya alami adalah salah satu cara paling efektif untuk menerangi interior tertentu. Bentuk cahaya ini biasanya lebih mudah dilihat daripada neon, dan membantu menciptakan suasana yang lebih halus.

Ahli estetika Korea memilih membiarkan cahaya alami menyinari ruang adalah salah satu elemen kunci dari desain interior Korea

7. Penggunaan Rak Buku sebagai Dekorasi

Salah satu ciri khas desain interior Korea lainnya adalah penggunaan rak buku sebagai fungsi dekorasi minimalis. Artinya, mirip dengan desain Skandinavia, buku dan kenang-kenangan kecil lainnya ditampilkan sebagai bentuk ornamen yang fungsional. Rak buku dengan rak terbuka, bagaimanapun, adalah perabot yang cukup sederhana.

Untuk mendapat tampilan yang cantik, cukup susun rak tinggi dengan buku dan volume favorit Anda. Miringkan foto berbingkai atau susun beberapa patung kecil di area kosong rak untuk menciptakan efek yang lebih dinamis dan menarik.

8. Memasang Tirai Polos

Rumah-rumah dalam drama korea sangat jaranh menggunakan tirai dengan banyak corak. Sebagai gantinya, anda dapat gunakan tirai tipis berwarna putih atau roller blind dengan motif kayu. Warna tirai harus dicocokan dengan cat tembok dan perabotan sekitar agar tidak tumpang tindih.

9. Menggunakan Perabot Multifungsi

Jika diperhatikan, dalam beberapa drama Korea, pemeran utama sering kali tidur di kamar yang kecil namun tidak terlihat berantakan. Hal itu karena rumah di Korea banyak menggunakan perabotan multifungsi untuk menghemat tempat penyimpanan.

Perabot multifungsi yang dapat anda pilih adalah meja makan yang bisa dilipat, meja rias dengan banyak laci penyimpanan, dan dipan tempat tidur yang dilengkapi dengan laci.

10. Menggunakan Konsep Lesehan

Sama dengan budaya Indonesia, duduk secara lesehan menjadi salah satu ciri khas adegan yang sering tampil dalam drama Korea. Konsep ini dapat Anda terapkan dengan mengganti sofa menjadi karpet dan bantal empuk untuk duduk. Silakan coba pada ruang keluarga sehingga waktu berkumpul terasa lebih intim.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

properti korea selatan desain rumah Desain Interior drama korea
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top