Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Simak Tips Memanfaatkan Dana THR untuk Membeli Properti

Salah satu cara pemanfaatan THR yang tepat adalah untuk melakukan pembelian maupun investasi properti.
Faustina Prima Martha
Faustina Prima Martha - Bisnis.com 05 Mei 2022  |  10:20 WIB
Aktivitas proyek konstruksi gedung bertingkat yang dikerjakan PT PP (Persero) Tbk. di Jakarta, Rabu (16/2/2022). Bisnis - Arief Hermawan P
Aktivitas proyek konstruksi gedung bertingkat yang dikerjakan PT PP (Persero) Tbk. di Jakarta, Rabu (16/2/2022). Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan telah menginstruksikan agar tunjangan hari raya (THR) untuk Lebaran dibayar secara penuh. THR dapat menjadi tambahan untuk menambah ruang fiskal selama dikelola secara bijak. 

Salah satu cara pemanfaatan THR yang tepat adalah untuk melakukan pembelian maupun investasi properti, sehingga uang THR lebih produktif. Untuk mengelola uang THR tersebut, anda dapat memanfaatkan fitur auto debet pada rekening tabungan.

Dilansir dari situs resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bursa Efek Indonesia (BEI) Kamis (5/5/2022), berikut beberapa bentuk pemanfaatan THR untuk membeli properti

  1. Memanfaatkan THR untuk DP

Untuk membeli tempat tinggal, terdapat biaya uang muka atau down payment (DP), yang harus dibayarkan di depan. Pembayaran DP bertujuan untuk menjadi uang jaminan sekaligus meringankan cicilan kredit di masa mendatang. Semakin besar nilai uang muka yang anda bayarkan di depan, maka cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya akan semakin ringan atau rendah.

Biasanya, besaran DP yang harus dibayarkan adalah 20 persen – 30 persen dari harga rumah. Agar tidak memberatkan pengeluaran rutin untuk membayar DP, dengan demikian uang THR yang anda dapatkan dapat disisihkan untuk mengumpulkan DP rumah.

Uang THR untuk membayar DP harus dipisahkan dengan cara menghitung persentase biaya untuk kebutuhan lainnya. Adapun, besaran optimum uang yang dapat dimanfaatkan untuk mengumpulkan DP adalah 50 persen – 60 persen dari uang THR. Kendati jumlahnya terlihat kecil, dana ini akan tetap meringankan cicilan.

  1. Menggunakan THR untuk Cicilan Kredit

Selain untuk mengumpulkan DP, dana THR juga dapat dimanfaatkan sebagai dana untuk membayar cicilan kredit rumah. Untuk meringankan pengeluaran bulanan dari penghasilan utama guna membayar cicilan, Anda dapat menggunakan dana THR.

Jika Anda telah membayar cicilan kredit rumah bulan ini, simpan sisihan uang THR untuk cicilan bulan berikutnya. Trik ini akan membantu anda memotong jumlah cicilan per bulan selama masa tenor berlangsung. Uang yang dipotong bisa anda manfaatkan untuk kebutuhan primer atau sekunder lainnya.

  1. Melunasi Utang dengan THR

Mencicil rumah merupakan tanggung jawab yang sangat besar. Angsuran KPR yang dibebankan harus dibayar tepat waktu. Karena, jika anda menunggak angsuran KPR, anda akan mendapatkan sanksi dari bank atau pengembang. Agar anda tidak terkena sanksi akibat tumpukan utang, anda dapat membayar cicilan KPR yang tertunggak dengan dana THR. 

  1. Investasi Properti dengan THR

Bagi anda yang telah memiliki hunian utama dan berniat untuk menambah penghasilan, anda dapat melakukan investasi properti. Anda dapat memanfaatkan uang THR lebih baik dipakai untuk investasi properti. Akan tetapi, anda tetap harus memastikan bahwa kondisi keuangan anda sudah stabil dan cukup aman sebelum terjun ke bidang ini.

Investasi properti akan membantu anda menabung untuk masa depan yang lebih baik. Ada berbagai jenis investasi properti yang bisa anda pilih, mulai dari sewa rumah, kos-kosan, apartemen, atau ruko.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

properti kpr lebaran thr thr
Editor : M. Nurhadi Pratomo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top