Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Airbus Terima Pesanan 740 Pesawat A220, Intip Spesifikasinya

Airbus mengeklaim telah menerima pesanan pesawat A220 sebanyak 740 unit.
Airbus A220./ Dok. Airbus
Airbus A220./ Dok. Airbus

Bisnis.com, JAKARTA - Airbus mengeklaim telah menerima pesanan pesawat A220 sebanyak 740 unit di tengah agenda demonstrasi burung besi tersebut ke kasawan Asia-Pasifik yang mencakup Singapura, Hanoi (Vietnam), hingga Tokyo (Jepang) dalam sepekan ke depan.

Dalam keterangan resminya, Selasa (3/5/2022), Airbus menjelaskan A220 memiliki 145 kursi dalam kabin penumpang kelas tunggal.

Jarak tempuh dan kapasitas A220 diklaim cocok bagi maskapai yang ingin membuka rute regional di luar Asia-Pasifik, atau yang membutuhkan pesawat bagi rute internasional. Selain itu, pesawat ini menawarkan potensi hemat biaya untuk rute domestik dan regional.

Airbus menuturkan terdapat dua varian pesawat A220, yakni varian -100 yang memuat 100-130 penumpang, dan varian lebih besar yaitu -300 yang memuat 130-160 penumpang dengan tata letak standar maskapai. Pesawat A220 juga sesuai untuk maskapai yang membutuhkan pesawat untuk melengkapi varian A320 yang sudah ada.

Teknologi yang diusung mencakup, desain aerodinamis terkini dan mesin Pratt & Whitney PW1500G geared turbofan generasi terbaru, pesawat A220 dapat menghemat bahan bakar hingga 25 persen dibandingkan pesawat berukuran serupa generasi sebelumnya.

Pesawat A220 mampu terbang langsung sejauh 3.400 mil laut (6.300 km), yang memungkinkan konektivitas antar kawasan Asia-Pasifik dengan Australia, Asia Utara, dan Timur Tengah.

Saat ini, pesawat A220-300 di kawasan Asia-Pasifik dioperasikan oleh Korean Air untuk rute domestik dan internasional dengan total 10 pesawat.

Maskapai Australia Qantas juga mengumumkan minggu ini bahwa mereka telah memesan 20 pesawat sebagai bagian dari program penggantian armada domestiknya. Hingga saat ini, Airbus telah mengirimkan lebih dari 200 unit pesawat A220.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper