Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Qatar Airways Luncurkan Metaverse di Sektor Penerbangan, Seperti Apa?

Qatar Airways meluncurkan metaverse di sektor penerbangan untuk memberikan layanan kepada penggunanya.
Dany Saputra
Dany Saputra - Bisnis.com 27 April 2022  |  10:19 WIB
Qatar Airways resmi memasuki metaverse dengan meluncurkan pengalaman virtual reality, QVerse. -  Dok. Qatar Airways
Qatar Airways resmi memasuki metaverse dengan meluncurkan pengalaman virtual reality, QVerse. - Dok. Qatar Airways

Bisnis.com, JAKARTA - Qatar Airways resmi memasuki metaverse dengan meluncurkan pengalaman virtual reality, QVerse, bagi pengunjung situs resmi maskapai.

Chief Executive Qatar Airways Group Akbar Al Baker mengatakan pengunjung situs makapai kini dapat melakukan tur dan menavigasi area Check-in Premium di Bandara Internasional Hamad (HIA) secara virtual.

Selain itu, pengunjung bisa merasakan interior kabin pesawat maskapai termasuk kelas bisnis pemenang penghargaan, Qsuite, dan kabin kelas ekonomi, dengan menggunakan Perangkat Elektronik Pribadi (PED) mereka sendiri.

"Dengan batas-batas fisik yang mulai ditantang oleh metaverse dalam skala yang semakin besar, sangat menarik untuk merangkul teknologi yang memungkinkan semua penggemar perjalanan untuk menikmati pengalaman mendalam yang unik dari produk dan layanan pemenang penghargaan kami," jelasnya dalam siaran pers, Rabu (27/4/2022).

Sejalan dengan hal tersebut, Qatar Airways turut memperkenalkan "Sama", awak kabin MetaHuman tiga dimensi (3D) pertama di industri dalam penggunaan perdana virtual reality melalui situs web maskapai. Dengan nama yang berasal dari bahasa Arab yakni "langit", "Sama" menawarkan pengalaman interaktif melalui keterlibatan dengan pengguna.

Dengan peluncuran QVerse dan Sama, maskapai nasional Qatar tersebut mengklaim sebagai maskapai global pertama dengan awak kabin MetaHuman yang menawarkan pengalaman interaktif digital kepada para pelanggan.

Adapun, QVerse dan Sama dikembangkan dengan menggunakan alat pembuatan 3D real-time, Unreal Engine Epic Games, dan aplikasi berbasis cloud untuk menciptakan manusia digital, MetaHuman Creator.

Peluncuran virtual reality dan awak kabin metahuman pertama tersebut, lanjut Al Baker, menjadi salah satu bukti inovasi untuk pelanggan.

Dia mengatakan akan terus mengadopsi dan memperkenalkan teknologi baru untuk meningkatkan pengalaman perjalanan para penumpang maskapai.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

penerbangan maskapai penerbangan qatar airways metaverse
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top