Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mudik Gratis Tahap II, Kemenhub: Pendaftaran Bisa Tutup Lebih Awal

Kemenhub menuturkan pendaftaran Mudik Gratis tahap II bisa tutup lebih awal.
Dany Saputra
Dany Saputra - Bisnis.com 18 April 2022  |  19:28 WIB
Mudik Gratis Tahap II, Kemenhub: Pendaftaran Bisa Tutup Lebih Awal
Sejumlah pemudik beristirahat didalam kapal laut KM Dobonsolo di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (30/5/2019). Kementrian Perhubungan bekerja sama dengan PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) menggelar mudik gratis tujuan Semarang dengan menggunakan kapal laut untuk 7500 sepeda motor dan 2015 penumpang mudik lebaran 2019 hingga 3 Juni mendatang. - Antara/Nova Wahyudi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bisa menutup pendaftaran Mudik Gratis 2022 tahap II, yang telah dibuka sejak pukul 12.00 WIB hari ini, lebih awal.

Kepala Humas Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Pitra Setiawan mengatakan kuota Mudik Gratis tahap II ini disiapkan dengan kuota 10.080 orang. Pendaftaran dibuka hingga Minggu (24/4/2022).

"Apabila kuota tambahan ini sudah penuh, maka bisa jadi pendaftaran ditutup lebih awal," kata Pitra, Senin (18/4/2022).

Dia menambahkan kuota tambahan ini terdiri dari 336 bus dengan total jumlah penumpang sekitar 10.080 tempat duduk yang disediakan. Armada yang disiapkan yakni untuk perjalanan arus mudik dan juga arus balik.

Total kuota yang dibuka oleh Kemenhub sejak pendaftaran mudik gratis pertama pekan lalu yakni berjumlah 20.580 penumpang (tempat duduk). Sementara itu, terdapat 686 bus yang disediakan untuk mengangkut penumpang.

Di sisi lain, pemerintah juga menyediakan truk untuk mengangkut sepeda motor peserta mudik gratis. Hal tersebut guna mencegah tingginya angka penggunaan sepeda motor saat arus mudik. Total truk yang sudah disediakan hingga pembukaan kuota tambahan hari ini yakni sekitar 64 truk dengan 1.920 sepeda motor yang diangkut.

Sebelumnya, daftar 14 kota tujuan mudik gratis Kemenhub antara lain Tegal, Semarang, Demak, Kudus, Boyolali, Solo, Klaten, Wonogiri, Wonosari, Yogyakarta, Magelang, Wonosobo, Kebumen, dan Purwokerto.

Sementara itu, untuk keberangkatan arus balik disiapkan bus dari lima kota yakni Purwokerto, Semarang, Yogyakarta, Solo, dan Wonogiri.

Cara Daftar Mudik Gratis 2022 dari Kemenhub:

1. Mengakses laman www.mudikhubdat2022.com dan mendaftar secara daring
2. Login dan mengisi data lengkap
3. Tunggu verifikasi dan validasi sistem
4. Unduh dan cetak QR e-tiket peserta mudik
5. Selanjutnya, calon pemudik dapat membawa QR e-tiket beserta data pendukung lainnya (KTP, Kartu Keluarga/KK, Bukti Vaksin) ke lokasi registrasi untuk mendapatkan nomor bus. Calon pemudik kemudian dapat berangkat sesuai dengan lokasi pemberangkatan dan tujuan sesuai nomor bus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kemenhub Mudik Lebaran mudik gratis Info Mudik
Editor : Rio Sandy Pradana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top