Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Survei Bank Indonesia: Konsumsi Masyarakat Naik pada Maret 2022

Survei Bank Indonesia menyebut konsumsi masyarakat naik pada Maret 2022.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Konsumsi masyarakat mengalami peningkatan pada Maret 2022, sejalan dengan aktivitas ekonomi dan mobilitas yang semakin membaik di tengah kasus Covid-19 yang terus menurun.

Hal ini tercermin dari hasil Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) yang menyebutkan bahwa rata-rata proporsi pendapatan konsumen untuk konsumsi meningkat pada Maret 2022 dari bulan sebelumnya.

BI mencatat, rata-rata proporsi pendapatan konsumen untuk konsumsi pada Maret 2022 mencapai 74,4 persen, naik tipis dari Februari 2022 sebesar 74,0 persen.

“Berdasarkan kelompok pengeluaran, rata-rata porsi konsumsi terhadap pendapatan tercatat meningkat pada sebagian besar kategori pengeluaran, terutama pada responden dengan pengeluaran Rp2 juta, Rp1 hingga Rp3 juta per bulan,” tulis BI dalam laporannya, Jumat (8/4/2022).

Di samping itu, BI mencatat proporsi pendapatan konsumen yang disimpan (saving to income ratio) meningkat sebesar 15,9 persen pada Maret 2022, lebih besar dari 15,7 persen pada bulan sebelumnya.

Porsi tabungan terhadap pendapatan juga meningkat pada mayoritas kategori pengeluaran, tertinggi pada responden dengan tingkat pengeluaran Rp4 juta dan Rp1 hingga Rp5 juta per bulan.

Sementara itu, rata-rata rasio pembayaran cicilan/utang (debt to income ratio) tercatat melemah, terpantau sebesar 9,7 persen, atau menurun dari 10,3 persen pada Februari 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Maria Elena
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper