Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Harga Kedelai Dunia Naik, Importir Jamin Stok Dalam Negeri

Meski harga kedelai dunia terus naik, importir menjamin ketersediaan stok kedelai untuk kebutuhan pengrajin tahu dan tempe.
Nyoman Ary Wahyudi
Nyoman Ary Wahyudi - Bisnis.com 30 Maret 2022  |  19:04 WIB
Perajin membuat tempe berbahan baku kedelai impor yang kini harganya naik dari Rp9.600 menjadi Rp10.300 per kilogram di sentra perajin tempe di Sanan, Malang, Jawa Timur, Selasa (11/1/2022). ANTARA FOTO - Ari Bowo Sucipto
Perajin membuat tempe berbahan baku kedelai impor yang kini harganya naik dari Rp9.600 menjadi Rp10.300 per kilogram di sentra perajin tempe di Sanan, Malang, Jawa Timur, Selasa (11/1/2022). ANTARA FOTO - Ari Bowo Sucipto

Bisnis.com, JAKARTA —  Importir berkomitmen untuk menyediakan stok kedelai impor yang cukup untuk kebutuhan pengrajin tahu dan tempe seiring dengan momentum pelandaian pandemi tahun ini.

Direktur Asosiasi Kedelai Indonesia (Akindo) Hidayat mengatakan komitmen itu disampaikan seiring dengan tren kenaikan harga bahan baku tahu dan tempe itu di pasar dunia akibat krisis energi dan sentimen geopolitik di kawasan Eropa Timur yang masih berjalan.

“Importir punya komitmen untuk selalu menyediakan stok sesuai kebutuhan pengrajin tahu tempe,” kata Hidayat melalui pesan WhatsApp, Rabu (30/3/2022).

Berdasarkan catatan otoritas perdagangan, harga kedelai di pasar dunia sudah menembus di angka Rp8.875 per kilogram pada 25 Maret 2022 atau naik 95,6 persen dari posisi Rp4.526 per kilogram secara tahunan atau year-on-year (yoy). Sementara porsi impor kedelai untuk memenuhi kebutuhan nasional mencapai 90 persen.

Konsekuensinya, harga paritas impor kedelai telah mencapai Rp11.649 per kilogram dan harga yang diterima pengrajin dari Koperasi Produsen Tempe Tahu Indonesia (Kopti) rata-rata sebesar Rp12.284 per kilogram.

“Sementara ini belum ada keluhan dari importir untuk impor kedelai,” tuturnya.

Berdasarkan data Akindo per 22 Maret 2022, stok kedelai dalam negeri sebesar 280.000 ton dengan ketahanan mencapai 1,4 bulan. Perinciannya, stok tersedia di gudang impor sebanyak 130.000 ton dan yang bakal masuk ke Indonesia sebesar 150.000 ton.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bahan pangan harga kedelai industri tahu tempe
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top