Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Solo Sambut Kehadiran 41 Delegasi Anggota G20 dalam Forum TIIWG 2022

Trade, Investment, and Industry Working Group (TIIWG) akan membahas tiga dari enam isu utama, yakni peran sistem perdagangan multilateral untuk akselerasi pencapaian SDGs, perdagangan digital dan rantai nilai global berkelanjutan GVCs, serta industrialisasi inklusif.
Logo Presidensi G20 Indonesia/Kemenlu RI
Logo Presidensi G20 Indonesia/Kemenlu RI

Bisnis.com, JAKARTA - Sebanyak 41 delegasi anggota G20 akan menghadiri pertemuan Trade, Investment, and Industry Working Group (TIIWG) yang diselenggarakan oleh Kementerian Perindustian pada Selasa (29/3/2022) di Solo, Jawa Tengah.

Dalam pertemuan tersebut, akan dibahas tiga dari enam isu utama dalam TIIWG, yakni peran sistem perdagangan multilateral untuk akselerasi pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs), perdagangan digital dan rantai nilai global berkelanjutan (Sustainable Global Value Chain/GVCs), serta industrialisasi inklusif yang berkelanjutan melalui Industri 4.0.

“Sesuai arahan Presiden, diharapkan pertemuan ini dapat menghasilkan deliverables yang konkret,” ujar Direktur Jenderal Ketahanan, Perwilayahan dan Akses Industri Internasional (KPAII) Kementerian Perindustrian Eko S.A. Cahyanto dalam keterangan pers.

Pertemuan ini menargetkan kerja sama dalam akselerasi penerapan industri 4.0 antara negara-negara anggota G20, seperti meningkatkan produktivitas dan daya saing, mengurangi konsumsi energi dan sumber daya, serta meningkatkan efisiensi dan efektivitas sumber daya di dunia.

“Dialog antara para anggota G20 mengenai implementasi industri 4.0 akan memberikan peluang kepada masing-masing negara untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi sekaligus menerapkan prinsip pembangunan berkelanjutan untuk mencapai tujuan SDGs,” papar Eko.

Selain bersidang, para delegasi juga akan mengunjungi museum di lingkungan De Tjolomadoe, dilanjutkan makan malam pembukaan di lokasi yang sama. “De Tjolomadoe merupakan bekas pabrik gula yang dibangun oleh Mangkunegoro IV dan merupakan pabrik gula terbesar di dunia saat itu,” ujar Eko.

Para delegasi juga bakal diajak untuk menikmati keindahan Kota Solo yang terawat budayanya dalam Solo City Tour dengan menggunakan kereta uap Jaladara. “Kemenperin sebagai penyelenggara juga berharap agar pertemuan pertama TIIWG G20 di Solo dapat memberikan dampak langsung kepada masyarakat setempat,” Dirjen KPAII menambahkan.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dan Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka akan menyambut para delegasi dalam acara makan malam di Pura Mangkunegaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nindya Aldila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper