Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PLN Perkuat Transmisi untuk Pelanggan Premium di Jakarta

PT PLN (Persero) memperkuat sistem jaringan bagi pelanggan premium yang berada di sentra bisnis Jakarta.
Faustina Prima Martha
Faustina Prima Martha - Bisnis.com 29 Maret 2022  |  10:29 WIB
Petugas Area Pelaksana Pemeliharaan (APP) Cawang PT PLN (Persero) Transmisi Jawa Bagian Barat melakukan pemeriksaan rutin panel di Gardu Induk 150 KV Mampang Dua, Jakarta. - Antara
Petugas Area Pelaksana Pemeliharaan (APP) Cawang PT PLN (Persero) Transmisi Jawa Bagian Barat melakukan pemeriksaan rutin panel di Gardu Induk 150 KV Mampang Dua, Jakarta. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – PT PLN (Persero) melakukan pemberian tegangan bagi dua proyek transmisi di Jakarta. Tujuan pengerjaan dua proyek tersebut adalah untuk memperkuat sistem jaringan bagi pelanggan premium yang berada di sentra bisnis Jakarta untuk mencegah pemadaman.

General Manager PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Barat Octavianus Padudung memaparkan pemberian tegangan atau energize tersebut dilakukan untuk Extension 2 Line Bay Gas Insulated Substation (GIS) 150 kV Abadi Guna Papan (Ext. 2 LB GIS 150 kV AGP), yang berlokasi di Mampang, Jakarta Selatan.

Selain itu, langkah serupa juga dilakukan untuk Saluran Kabel Tegangan Tinggi (SKTT) 150 kV Abadi Guna Papan–Mampang (AGP–Mampang).

“Karena wilayah Mega Kuningan Barat adalah pusat bisnis dan juga wilayah VVIP maka dalam proses energize tidak boleh ada pemadaman. Salah satu caranya adalah PLN melakukan pengalihan beban total agar tidak terjadi pemadaman ke pelanggan, khususnya pelanggan premium dan area VVIP,” kata Oktavianus pada keterangan resmi, Selasa (29/03/2022).

Dia mengapresiasi para pekerja yang sukses menyelesaikan pekerjaan sesuai target. Terlebih, pekerjaan tersebut tidaklah mudah. Pasalnya harus menghadapi sejumlah tantangan yang cukup berat seperti adanya pandemi Covid-19 dan juga harus tetap menjaga nyala listrik pelanggan prioritas dan premium saat pembangunan.

“Dengan resminya pemberian tegangan, maka keandalan sistem ketenagalistrikan di salah satu area VVIP Indonesia dapat lebih optimal dengan meningkatkan kapasitas transmisi hingga tiga kali lipat,” papar Octavianus.

Besaran nilai investasi untuk Ext. 2 LB GIS 150 kV AGP mencapai Rp 23 miliar. Sementara investasi untuk SKTT 150 kV AGP – Mampang sebesar Rp97,3 miliar. Tidak hanya itu, kedua proyek ini mengantongi persentase Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) yang cukup fantastis.

“Nilainya 56,191 persen untuk Extension GIS, dan mencapai 88,21 persen untuk SKTT-nya,” tutup Octavianus.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

PLN listrik dki jakarta transmisi
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top