Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jokowi Bidik 30 Juta UMKM Go Digital di 2024, Ini Respons Teten Masduki

Menkop UKM Teten Masduki optimistis target Presiden Jokowi soal 30 juta UMKM go digital atau masuk ke marketplace pada 2024 bisa tercapai.
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 28 Maret 2022  |  15:03 WIB
Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Teten Masduki di Jakarta, Jumat (19/6/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Teten Masduki di Jakarta, Jumat (19/6/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki optimistis target 30 juta UMKM go digital atau masuk ke marketplace pada 2024 seperti yang dicanangkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dapat tercapai.

Teten mengatakan dalam 2 tahun terakhir, jumlah UMKM di Indonesia yang masuk ke dalam ekosistem digital lebih dari 2 kali lipat. Pada 2020, jumlah UMKM digital sebanyak 8 juta. Saat ini, sudah terdapat sekitar 17,59 juta unit UMKM digital, setara dengan 27 persen dari total populasi usaha di segmen tersebut atau 58 persen dari total target 30 juta.

Dia mengatakan digitalisasi UMKM tidak hanya melibatkan pengusaha di segmen itu hanya untuk berjualan di platform digital atau e-commerce. Melainkan juga memastikan penggunaan teknologi digital dalam setiap proses bisnis.

"Dengan pendekatan digital, kami optimistis target yang diberikan Bapak Presiden dapat tercapai sehingga potensi ekonomi digital Indonesia dapat dioptimasikan," kata Teten dalam acara Peresmian Pembukaan Rakornas Transformasi Digital dan Pendataan Lengkap Koperasi dan UMKM Tahun 2022, Senin (28/3/2022) yang ditayangkan di YouTube Setpres.

Selain itu, sambungnya, pemerintah menargetkan 1 juta UMKM onboarding dalam e-katalog Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). Hal itu dilakukan untuk mengoptimalkan aktivitas belanja produk dalam negeri buatan UMKM.

"Kami nenargetkan 1 juta UMKM onboarding dalam platform pengadaan barang dan jasa untuk mengoptimalkan aktivitas belanja produk dalam negeri buatan UMKM. Sesuai arahan Presiden," ujar Teten.

Upaya tersebut, sambungnya, bertujuan memastikan potensi ekonomi digital Tanah Air senilai Rp4.531 triliun pada 2030 dapat dimanfaatkan sepenuhnya oleh pelaku UMKM seluruh Indonesia.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi umkm teten masduki marketplace ekonomi digital
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top