Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dibalik Grup Mayapada dan Lippo, Ini Relasi Keluarga Konglomerat Tahir dan Riady

Ketekunan dan pantang menyerah menjadi kunci Dato’ Sri Tahir untuk bisa berdiri sejajar dengan keluarga konglomerat Grup Lippo.
Dato'Sri Tahir menceritakan pengalaman masa muda dan perjuangan saat membangun Grup Mayapada.
Dato'Sri Tahir menceritakan pengalaman masa muda dan perjuangan saat membangun Grup Mayapada.

Bisnis.com, JAKARTA – Siapa yang tak mengenal sosok Dato’ Sri Tahir? Pria yang juga kerap dikenal dengan nama Ang Tjoen Ming ini pada 2019 masuk kedalam deretan 10 besar orang terkaya di Indonesia versi majalah Forbes.

Dato’ Sri Tahir telah sukses mengembangkan gurita bisnisnya yakni Grup Mayapada dari perusahaan perbankan hingga rumah sakit. Nama Dato’ Sri Tahir makin disegani setelah dirinya menikah dengan putri konglomerat Mochtar Riady yakni Rosy Riady.

Namun siapa yang sangka, memiliki mertua yang sukses besar justru menambah “beban” baru dalam kehidupannya, lantaran tatkala dirinya menikah dengan Rosy, Tahir belum memiliki pekerjaan yang jelas.

“Gini Grace, setiap keluarga itu punya budaya dan filosofi sendiri. Tapi memang faktanya, saat saya menikah dan menjadi suami dari putri Mochtar Riady, saya masih dalam keadaan orang biasa dan kerjaan jualan juga belum jelas. Bisa dibayangkan saya masuk kedalam keluarga yang saat itu berdiri sebagai Presiden Direktur, pasti ini secara gak langsung akan menimbulkan asumsi bahwa kita berada di level yang berbeda,” jelas Tahir kepada Putrinya Grace Tahir yang dikutip dari Youtube, Jumat (25/3/2022)

dato sri tahir menceritakan pengalaman dengan keluarga konglomerat lippo
dato sri tahir menceritakan pengalaman dengan keluarga konglomerat lippo

Di podcast putrinya yang diunggah dalam kanal Youtube pribadi Grace tahir @gt.bodyshot itu, Dato’ Sri Tahir menceritakan perjalanannya bertemu dengan sosok keluarga Riady. Bahkan di minggu pertama pernikahannya Tahir harus menelan kenyataan terkait prinsip Mochtar Riady yang mengatakan bahwa menantunya itu tidak boleh masuk ke dalam lingkungan bisnis milik keluarga Riady.

“Dari minggu pertama saya menikah, sudah dipanggil oleh pak Mochtar yang mengatakan bahwa tidak diterima untuk bekerja di dalam lingkaran bisnis keluarga Riady. Dan saya jawab ya tidak apa karena itu bukan masalah yang besar. Lalu pak Mochtar tanya ke saya: what are you going to do? Saya bilang ke pak Mochtar secara jelas, one day I’ll beat you,” jelasnya.

Secara lebih lanjut, Dato’ Sri Tahir juga menjelaskan bahwa sosok Mochtar Riady adalah sosok yang sangat teguh dan filosofis. 

“Pak Mochtar itu adalah sosok yang sangat filosofis, dan sangat memahami tentang berbagai Chinese Philosophy, beliau adalah sosok yang sangat expert dalam bidang budaya, sastra dan sejarah mandarin. Dan tidak ada yang bisa disalahkan. Hanya saja, kita ini dari modern society yang banyak menganut paham budaya barat. Sehingga terdapat perbedaan budaya, nah untuk menyesuaikan budaya itu tidak mudah.” 

“Saya selalu mengumpamakan hubungan saya di keluarga Riyadi itu hanya sekadar berjabatan di luar pagar, ya memang dekat tapi ada pagar penghalang disana. Ini menurut saya tidak ada yang salah, bisa saja memang Tahir yang tidak baik. There is a two culture, different culture yang tidak mudah untuk disatukan,” sambungnya. 

Namun, proses kehidupannya tersebut akhirnya berbuah manis. Setelah banyak menelan asam garam kehidupan, Dato’ Sri Tahir berhasil sejajar dengan sosok sang mertua Mochtar Riady.

Keluarga Tahir berhasil membesarkan namanya setelah sukses mendirikan Mayapada Group, yang kini bergerak di banyak sektor, mulai dari sektor perbankan hingga sektor Kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper