Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

GRP Ekspor Besi Baja Perdananya ke AS

PT Gunung Raja Paksi Tbk (GRP) ekspor besi baja perdananya ke Casa Grande, Arizona, Amerika Serikat.
Faustina Prima Martha
Faustina Prima Martha - Bisnis.com 23 Maret 2022  |  22:30 WIB
Petugas beraktivitas di pabrik pembuatan baja Kawasan Industri Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Jumat (4/10/2019). ANTARA FOTO - Fakhri Hermansyah
Petugas beraktivitas di pabrik pembuatan baja Kawasan Industri Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Jumat (4/10/2019). ANTARA FOTO - Fakhri Hermansyah

Bisnis.com, JAKARTA - PT Gunung Raja Paksi Tbk (GRP) mengekspor besi baja perdananya ke Casa Grande, Arizona, Amerika Serikat.

Ekspor baja struktur itu, untuk pembangunan pabrik mobil elektrik, Lucid Motors di Casa Grande, Arizona. Adapun,  baja yang diekspor jenis structural beam 700 MT dengan nilai US$1 juta.

Abednedju Giovano Warani Sangkaeng, Presiden Direktur GRP, menyatakan ekspor ini merupakan pengiriman trial order untuk pembangunan pabrik Lucid Motors. 

Pengiriman baja ke AS adalah upaya GRP untuk mencapai target ekspor tahun 2022 sebesar US$70 juta, atau naik  menjadi 20 persen, dari 5 persen di tahun lalu. Tahun 2021, nilai ekspor GRP mencapai US$44 juta.

Dalam sambutannya, Menperin Gumiwang Kartasasmita menyebutkan bahwa industri baja berperan penting dalam memasok kebutuhan bahan baku bagi sejumlah sektor industri lainnya. Mulai dari sektor konstruksi, alat transportasi, alat berat, elektronik, hingga alat pertahanan.

“Melalui penerapan industri 4.0 di Indonesia, industri baja di tanah air harus mampu menjadi leader dalam inovasi dan teknologi, termasuk meningkatkan kemampuannya agar menjadi penyedia material dasar bagi industri penggunanya. Dengan demikian diharapkan industri baja lokal memiliki daya saing lebih tinggi dibandingkan produk sejenis dari negara lain,” papar Agus dalam sambutannya, Selasa (22/03/2022).

GRP yang berdiri sejak tahun 1970 merupakan salah satu perusahaan baja yang berperan strategis pada pengembangan industri baja nasional. Realisasi investasi sampai tahun 2021 mencapai US$ 488,71 juta (sekitar Rp7 triliun) untuk memproduksi baja dari hulu sampai hilir.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ekspor baja kemenperin GGRP
Editor : Ina Primiana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top