Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang Ramadan, Badan Pangan Nasional Siapkan Distribusi 5.000 Sapi Lokal

Badan Pangan Nasional menyiapkan distribusi 5.000 ekor sapi hidup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menjelang bulan puasa dan idulfitri.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Badan Pangan Nasional atau National Food Agency akan medistribusikan 5.000 ekor sapi hidup siap potong ke BUMN ID Food Group, yaitu PT Berdikari dan BGR Logistik Indonesia.

Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi mengatakan rencana distribusi tersbeut untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menjelang bulan puasa dan idulfitri.

“Diperlukan mobilisasi pasokan sapi hidup siap potong sekitar 5.000 ekor sampai dengan idulfitri tahun 2022,” kata Arief dalam keterangan resmi, Sabtu (19/3/2022).

PT Berdikari dan BGR Logistik Indonesia mulai melakukan mobilisasi 40 ekor sapi dari peternak Nganjuk, Jawa Timur menuju Majalengka, Jawa Barat.

“Hari ini [Sabtu, 19/3/2022] melalui BUMN ID Food group yakni PT Berdikari dan BGR Logistik Indonesia mulai terealisasi mobilisasi sapi dari peternak Nganjuk, Jatim sebanyak 40 ekor sapi hidup ke kandang sapi milik PT PG Rajawali II Unit Jatitujuh, Majalengka, Jawa Barat,” lanjut Arief.

Lebih lanjut, Arief mengatakan mobilisasi sapi dilakukan bertahap dari beberapa peternak daerah. Pada pekan depan diagendakan mobilisasi sapi sebanyak 300 ekor dari Boyolali, Jawa Tengah dan 600 ekor sapi dari peternak Sumbawa, NTB.

“Dari visit peternak di Jatim pekan lalu dan peninjauan beberapa lahan kandang sapi milik BUMN, pekan ini mulai terisi mobilisasi sapi dari peternak daerah Jatim, Jateng, paralel pekan depan peninjauan persiapan sapi dari Sumbawa, NTB,” kata Arief.

Untuk menambah varian pilihan kebutuhan daging, lanjut Arief, dijadwalkan pada minggu kedua Ramadan, akan masuk daging kerbau yang akan didistribusikan Perum Bulog.

Ekosistem pangan ini menurutnya sebagai upaya menjaga pasokan daging dan stabilitas harga pangan jelang peak season Ramadan, idulfitri, hingga iduladha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper