Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MotoGP 2022, Kemenhub Siapkan Manajemen Moda Transportasi

Kemenhub melakukan persiapan manajemen transportasi dan lalu lintas jelang MotoGP 2022 Mandalika.
Gedung Kementerian Perhubungan./Dok. Istimewa
Gedung Kementerian Perhubungan./Dok. Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mendukung kesiapan perhelatan MotoGP 2022 melalui manajemen transportasi hingga rekayasa lalu lintas di Mandalika.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan bahwa pemerintah tetap mengutamakan protokol kesehatan secara ketat kepada para atlet, official crew, dan para penonton, lantaran saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19.

Budi menjelaskan bahwa langkah-langkah yang telah disiapkan di antaranya persiapan manajemen dan rekayasa lalu lintas, serta manajemen moda transportasi yang dikoordinasikan oleh Polri dan Dinas Perhubungan Provinsi Nusa Tenggara Barat.

"Nantinya juga akan dibantu oleh stakeholder terkait yang saling bersinergi dalam upaya mewujudkan penyelenggaraan Acara MotoGP Tahun 2022 yang selamat, aman, tertib, dan nyaman," jelas Budi, dikutip dari siaran pers, Rabu (16/3/2022).

Dia menjelaskan pembahasan yang dilakukan Kemenhub antara lain, memastikan waktu operasional dan rute untuk angkutan sewa khusus, angkutan sewa umum dan taksi yang bisa masuk ke dalam Kawasan Mandalika.

Memastikan ketersediaan bus antarmoda pada simpul transportasi (saat berangkat) dan parkir barat serta gate 2 (saat pulang) sesuai kebutuhan penonton pada saat jam sibuk sehingga tidak terjadi kerumunan.

Memastikan bus antar moda sudah terparkir di area parkir barat dan area parkir timur untuk mengantisipasi kepulangan penonton setelah selesai menyaksikan pertandingan balap. Memastikan kapasitas area parkir di sekitar gate 2 karena akan terjadi konflik pertemuan bus Shuttle dan bus antarmoda;

Mekanisme pemisahan penumpang di Hub Eks Bandara Selaparang dan Hub Embarkasi Haji di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Majid (BIZAM) menuju parkir barat dan parkir timur.

Penempatan petugas untuk pengendalian lalu lintas pada persimpangan yang dilalui oleh rute bus antarmoda terutama di jam sibuk dan lokasi potensi rawan macet;

Menempatkan petugas yang memadai, pada Hub Eks Bandara Selaparang dan HUB Eks Embarkasi Haji BIZAM, untuk mengatur penonton saat naik dan turun serta masuk dan keluar bus antarmoda agar kedatangan sekaligus keberangkatan sesuai waktu headway yang sudah ditentukan.

Di sisi lain, Kemenhub telah menyediakan sebanyak 85 unit shuttle bus dari total 184 unit shuttle bus yang melayani 7 rute di dalam Kawasan Mandalika, dari parkir barat dan parkir timur menuju Gate 1, Gate 2, dan Gate 3 Sirkuit Mandalika.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dany Saputra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper