Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mulai Aktif, Bandara Ngurah Rai Layani 5 Rute Internasional

Bandara Ngurah Rai sudah melayani 5 rute internasional, yang terbaru adalah ke Melbourne oleh Jetstar Airways.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 15 Maret 2022  |  13:34 WIB
Mulai Aktif, Bandara Ngurah Rai Layani 5 Rute Internasional
Suasana terminal kedatangan bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali pada Senin (7/3/2022) pada hari pertama uji coba bebas karantina PPLN - Bisnis/Wibi Pangestu.

Bisnis.com, JAKARTA - Rute internasional di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali mulai aktif secara bertahap dengan dilayaninya rute internasional terbaru ke Melbourne oleh Jetstar Airways.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Herry A.Y. Sikado mengatakan pada Senin (14/3/2022) telah melayani penerbangan Internasional rute Melbourne secara reguler menggunakan maskapai Jetstar Airways. Dalam penerbangan perdananya, Jetsar mengangkut dengan sebanyak 271 penumpang.

“Penerbangan ini merupakan harapan yang positif bagi industri aviasi dengan mendapatkan tambahan rute penerbangan menggunakan maskapai Jetstar Airways. Layanan penerbangan ini juga sekaligus menambah rute penerbangan internasional yang dilayani Bandara Bali menjadi sebanyak 5 rute yaitu Melbourne, Singapura, Kuala Lumpur, Sydney dan Narita,” ujarnya dalam siaran pers, Selasa (15/3/2022).

Herry juga menegaskan syarat wisatawan masuk ke Pulau Bali sudah dibebaskan dari prosedur karantina sesuai dengan keputusan pemerintah. Meski demikian, dia juga berfokus terhadap fasilitas yang diberikan dalam rangka mendukung pemerintah dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19.

“Dengan terus bertambahnya rute penerbangan internasional di Bandara Ngurah Rai, kami terus berbenah untuk memberikan layanan terbaik, termasuk kelancaran proses pemeriksaan penumpang dengan protokol kesehatan ketat, alur penumpang kami telah atur sebaik mungkin dengan bersinergi bersama seluruh stakeholder terkait,” imbuhnya.

Berdasarkan data statistik lalu lintas angkutan udara, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali telah melayani penumpang rata-rata sekitar 200 penumpang setiap harinya khusus kedatangan. Sementara untuk keberangkatan masih di bawah 200 penumpang perhari. Dia optimistis pertumbuhan penumpang akan terjadi

Sebagai informasi, pada penerbangan perdananya, Jetstar Airways menggunakan pesawat Boeing 787-8 Dreamliner dengan kapasitas konfigurasi 335 penumpang termasuk bisnis class.

Penerbangan Jetstar Airways akan beroperasi setiap hari senin pukul 12.45 WITA untuk kedatangan dan berangkat kembali pada hari selasa ke Melbourne pukul 22.30 WITA atau akan terbang setiap seminggu sekali.

Pada masa sebelum pandemi Covid-19 pada 2019, pergerakan penumpang penerbangan rute internasional di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali saja mencapai 13,8 juta penumpang dengan pergerakan pesawat internasional sebanyak 73.886 pergerakan pesawat.

Saat ini dengan data terbaru per Februari 2022, tercatat penumpang domestik mencapai 380.000 penumpang dan pergerakan pesawat mencapai 3.612 pergerakan. Sementara itu, untuk pergerkana penumpang internasional mencapai 2.900 penumpang dan pergerakan penerbangan mencapai 64 pergerakan pesawat.

Pada awal Maret 2022, tiga maskapai rute penerbangan internasional yakni Jetstar Asia, Garuda Indonesia dan Scoot juga sudah sukses melakukan pendaratan perdana di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali.

Maskapai Jetstar Asia mengoperasikan rute Singapura–Denpasar, sedangkan Garuda Indonesia mengoperasikan penerbangan rute Sydney–Denpasar. Adapun maskapai Scoot mengoperasikan rute Singapura–Denpasar.

Deretan rute dan maskapai baru ini menambah daftar maskapai internasional yang telah kembali beroperasi di Bali setelah sebelumnya Garuda Indonesia rute Narita - Denpasar dan Singapore Airlines rute Singapura–Denpasar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bandara ngurah rai rute penerbangan
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top