Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Perang Rusia-Ukraina, Indonesia Tak Bergantung pada Impor Besi Baja Rusia

Meskipun besi dan baja menjadi komoditas impor utama Indonesia dari Rusia, Badan Pusat Statistik menyatakan Indonesia lebih bergantung pada China.
Annasa Rizki Kamalina
Annasa Rizki Kamalina - Bisnis.com 15 Maret 2022  |  13:06 WIB
Perang Rusia-Ukraina, Indonesia Tak Bergantung pada Impor Besi Baja Rusia
Ilustrasi besi dan baja

Bisnis.com, JAKARTA – Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan ketergantungan Indonesia terhadap impor besi baja dari Rusia tidak signifikan.

Berdasarkan data BPS, meskipun besi dan baja menjadi komoditas impor utama Indonesia dari Rusia, Indonesia lebih bergantung pada China.

Ketua BPS Margo Yuwono mengatakan pangsa pasar impor untuk komoditas kategori HS 72 ini tertinggi yaitu China sepanjang 2021. 

“Kalau kita lihat komposisi impor Indonesia khusus untuk besi dan baja, terbesar dari Tiongkok dengan pangsanya 22,95 persen, setara dengan US$2.744 juta. Sedangkan dengan rusia itu pangsanya hanya 3,74 persen atau setara dengan US$447 juta,” papar Margo dalam konferensi pers BPS, Selasa (15/3/2022).

Sementara itu, Indonesia mengandalkan besi dan baja dari Rusia sebanyak US$135 juta selama Januari-Februari 2022 atau hanya sebesar 5,75 persen.

Melihat dari nilai ini, dapat dipastikan Indonesia tidak akan terpengaruh secara signifikan dengan Rusia dari segi impor besi dan baja. Margo mengatakan jika terjadi gangguan impor dari Rusia, Indonesia masih dapat meningkatkan impor dari negara lain.

“Kalau  ketegangan masih terus berlangsung, kita bisa mengimpor dari negara lain untuk pemenuhan supply domestik,” jelas Margo.

Melihat data statistik, China, Jepang, dan Afrika Selatan menjadi tiga teratas negara dengan impor besi dan baja. Masing-masing sebesar 25,45 persen, 16,11 persen, dan 11,41 persen. Nilai ini jauh bila dibandingkan dengan impor dari Rusia yang menempati posisi ke-6. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

BPS impor besi baja Perang Rusia Ukraina
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top