Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Shell Jelaskan Alasan Kenaikan Harga BBM Maret 2022

Sebelumnya, Shell Indonesia melakukan penyesuaian harga bahan bakar minyak untuk periode Maret 2022.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 02 Maret 2022  |  22:31 WIB
Logo Shell.
Logo Shell.

Bisnis.com, JAKARTA — Shell Indonesia mengungkapkan alasan menyesuaikan harga bahan bakar minyak (BBM) per 1 Maret 2022. Peningkatan harga dilakukan seiring dengan penguatan harga komoditas dunia.

VP Corporate Relations Shell Indonesia Susi Hutapea mengatakan bahwa keputusan itu diambil dari waktu ke waktu dengan memperhatikan kondisi pasar yang mencakup harga minyak dunia.

"Juga [menyesuaikan dengan] MOPS [Mean of Platts Singapore], kinerja perusahaan, serta kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan mengenai harga jual eceran BBM," kepada Bisnis, Rabu (2/3/2022).

Dia mengatakan bahwa perusahaan berkomitmen untuk terus menghadirkan produk dan layanan yang berkualitas untuk para pelanggan melalui bahan bakar kualitas. Salah satunya Shell V-Power dengan Teknologi Dynaflex.

"Teknologi ini dapat membantu membersihkan mesin dan mengurangi gesekan, sehingga mesin mobil lebih terawat dan dapat bekerja dengan lebih efisien," terangnya.

Sebelumnya, Shell Indonesia melakukan penyesuaian harga bahan bakar minyak untuk periode Maret 2022. Kenaikan ditengarai mengikuti perkembangan harga di pasar dunia. 

Harga BBM Shell per 1 Maret untuk jenis Shell Super masih dihargai Rp12.990 per liter. Namun, untuk jenis Shell V-Power disesuaikan menjadi Rp14.500 per liter dari harga bulan lalu Rp13.550 per liter. 

Sementara itu, harga untuk Shell V-Power Diesel masih naik Rp500 per liter menjadi Rp13.750 per liter dibandingkan Februari Rp13.270 per liter. Kenaikan harga juga terjadi untuk Shell V-Power Nitro+ menjadi Rp14.990 per liter dari sebelumnya Rp13.750 per liter pada Februari.

Adapun kenaikan ini serentak diberlakukan untuk sejumlah daerah lainnya yakni Jawa Barat, Jawa Timur dan Sumatra Utara. Khusus Shell Diesel Extra, Shell menyesuaikan harga jenis tersebut untuk Jatim dan Sumut masing-masing Rp13.150 per liter dan Rp13.300 per liter.

Harga saat ini masih lebih lebih tinggi dibandingkan pada Desember 2021. Shell menyesuaikan harga jual BBM untuk jenis Shell V-Power menjadi Rp13.500 per liter dan Shell V-Power Diesel menjadi Rp13.100 per liter. Sementara itu, Shell V-Power Nitro+ dijual seharga Rp14.150 per liter.

Shell diketahui menyesuaikan harga BBM-nya sejak tahun lalu seiring dengan berfluktuasinya harga minyak dunia. Terlebih kondisi perang antara Rusia dan Ukraina memberi tekanan lebih pada harga minyak dunia. 

Harga minyak di pasar internasional pada perdagangan Selasa (1/3/2022) melonjak di atas US$100 per barel, karena investor mulai memperhitungkan dampak sanksi terbaru negara-negara Eropa terhadap Rusia. 

Minyak mentah Brent untuk pengiriman April tercatat naik US$3,06 atau 3,1 persen, menjadi US$100,99 per barel di London ICE Futures Exchange. 

Sementara, West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman April bertambah US$4,13, atau 4,5 persen, menjadi menetap di US$95,72 per barel di New York Mercantile Exchange.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Harga BBM shell Shell Indonesia
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top