Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Daftar Lengkap Tarif Tol Dalam Kota Jakarta yang Naik per 26 Februari 2022

Tarif tol dalam kota Jakarta naik per 26 Februari 2022 untuk ruas Cawang-Tomang-Pluit dan Cawang-Tanjung Priok-Ancol Timur-Jembatan Tiga/Pluit.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 24 Februari 2022  |  07:47 WIB
Antrean mobil terjebak kemacetan di jalan tol dalam kota di Jakarta, Senin (6/3). - JIBI/Nurul Hidayat
Antrean mobil terjebak kemacetan di jalan tol dalam kota di Jakarta, Senin (6/3). - JIBI/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA – PT Jasa Marga (Persero) Tbk. dan PT Citra Marga Nusaphala Persada (CMNP) Tbk. melakukan penyesuaian tarif tol dalam kota mulai 26 Februari 2022, pukul 24.00 WIB.

Penyesuaian tarif tol dilakukan untuk ruas Cawang-Tomang-Pluit dan Cawang-Tanjung Priok-Ancol Timur-Jembatan Tiga/Pluit, dengan kenaikan sebesar Rp500 untuk seluruh golongan kendaraan.

Penyesuaian tarif tol telah diatur dalam Pasal 48 ayat (3) Undang-Undang (UU) No. 38/2004 tentang Jalan dan Pasal 68 ayat (1) Peraturan Pemerintah (PP) No. 15/2005 tentang Jalan Tol dengan perubahan terakhir pada PP No. 17/2021.

Berdasarkan regulasi tersebut, evaluasi dan penyesuaian tarif tol dilakukan setiap dua tahun sekali berdasarkan pengaruh laju inflasi. Adapun penyesuaian tarif Jalan Tol Dalam Kota Jakarta berdasarkan pada inflasi periode periode 1 November 2019 sampai dengan 30 November 2021 sebesar 3,03 persen.

Penyesuaian tarif ini juga diperlukan sebagai wujud kepastian pengembalian investasi bagi Badan Usaha Jalan Tol sesuai business plan, membangun dan menjaga iklim investasi jalan tol di Indonesia yang kondusif, serta menjaga dan meningkatkan level of services jalan tol.

Ini daftar lengkap tarif Tol Dalam Kota Jakarta:

  • Gol I: Rp 10.500 yang semula Rp 10.000
  • Gol II: Rp 15.500 yang semula Rp 15.000
  • Gol III: Rp 15.500 yang semula Rp 15.000
  • Gol IV: Rp 17.500 yang semula Rp 17.000
  • Gol V: Rp 17.500 yang semula Rp 17.000.

Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division Head Raddy R. Lukman mengatakan selalu berupaya untuk memberikan peningkatan layanan termasuk di bidang transaksi, lalulintas dan konstruksi.

"Peningkatan layanan transaksi antara lain melakukan penambahan gardu operasi dalam rangka meningkatkan kapasitas transaksi di GT Semanggi 1 dengan 2 unit oblique approach booth serta penggantian jaringan fiber optic untuk peningkatan kinerja komunikasi perangkat CCTV, VMS, dan Data Transaksi,” ujar Raddy seperti dikutip dalam keterangan resminya, Rabu (23/2/2022).

Sementara itu, Direktur CMNP Hasyim juga meningkatkan pelayanan kepada pengguna jalan baik dari transaksi di gerbang tol, pelayanan lalu lintas maupun peningkatan kualitas jalan.

Pada transaksi gerbang tol CMNP telah menambah mobile reader di beberapa gerbang tol yang padat seperti Kebon Bawang, Podomoro, dan Cempaka Putih.

Pada pelayanan lalu lintas CMNP melakukan peremajaan bagi sejumlah kendaraan operasional yaitu enam unit mobil derek dan satu unit mobil ambulans.

Selain itu, Hasyim mengatakan CMNP berencana untuk menambah sejumlah unit CCTV di sepanjang ruas Tol Ir Wiyoto Wiyono MSc guna meningkatkan point of view petugas Sentral Komunikasi agar dapat memberikan respons lebih cepat di jalan tol.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jasa marga tarif tol tol dalam kota
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top