Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelni Incar Segmen UMKM, Tingkatkan Utilitas Tol Laut

Pelni mengincar segmen UMKM untuk meningkatkan utilitas pengiriman barang via Tol Laut.
KM Tatamailau. -Pelni
KM Tatamailau. -Pelni

Bisnis.com, JAKARTA – PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni pada 2022 ini fokus membidik segmen pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) agar dapat meningkatkan kapasitas pengiriman barang melalui Tol Laut.

Direktur Usaha Angkutan Barang dan Tol Laut Pelni Yahya Kuncoro mengatakan selama ini karena mendapatkan penugasan tol laut dari pemerintah, perseroan berupaya memperluas pasar tanpa melakukan segmentasi pasar.

Namun, lanjutnya, pada 2022 pelaku UMKM mendapatkan perhatian atau menjadi salah satu segmen yang kami fokuskan agar dapat meningkatkan kapasitas atau penggunaan pengiriman barangnya melalui Tol Laut.

Yahya mencermati kebutuhan pengguna program tol laut dari segmen UMKM telah dimulai pada 2021. Melihat potensi yang ada saat ini, Pelni memutuskan untuk mendorong para pelaku UMKM ini untuk agar dapat memanfaatkan program tol laut dengan sistem Less Container Load (LCL) melalui kapal-kapal tol laut.

Dia menjelaskan rata-rata barang yang dikirim atau yang dikonsumsi oleh pelaku UMKM adalah bahan pokok, hasil pertanian, dan perkebunan.

“Dengan sistem LCL, para pelaku UMKM pada 2022 ini dapat lebih memaksimalkan muatan angkutnya,” jelasnya, Kamis (17/2/2022).

Sesuai Perpres No. 27/2022, Pelni berkoordinasi aktif dengan Pemerintah Daerah dan lintas Kementerian terkait dengan melibatkan para pelaku usaha termasuk UMKM untuk melakukan business conference.

Hal ini bertujuan agar bertemunya para pembeli dan penjual dapat mencari solusi ataupun dukungan yang dibutuhkan dari Pemerintah Daerah/Kementerian terkait guna terciptanya perdagangan dari atau antar daerah khususnya yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku UMKM tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper