Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pelni Incar Segmen UMKM, Tingkatkan Utilitas Tol Laut

Pelni mengincar segmen UMKM untuk meningkatkan utilitas pengiriman barang via Tol Laut.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 17 Februari 2022  |  14:28 WIB
Pelni Incar Segmen UMKM, Tingkatkan Utilitas Tol Laut
KM Tatamailau. /Pelni
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni pada 2022 ini fokus membidik segmen pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) agar dapat meningkatkan kapasitas pengiriman barang melalui Tol Laut.

Direktur Usaha Angkutan Barang dan Tol Laut Pelni Yahya Kuncoro mengatakan selama ini karena mendapatkan penugasan tol laut dari pemerintah, perseroan berupaya memperluas pasar tanpa melakukan segmentasi pasar.

Namun, lanjutnya, pada 2022 pelaku UMKM mendapatkan perhatian atau menjadi salah satu segmen yang kami fokuskan agar dapat meningkatkan kapasitas atau penggunaan pengiriman barangnya melalui Tol Laut.

Yahya mencermati kebutuhan pengguna program tol laut dari segmen UMKM telah dimulai pada 2021. Melihat potensi yang ada saat ini, Pelni memutuskan untuk mendorong para pelaku UMKM ini untuk agar dapat memanfaatkan program tol laut dengan sistem Less Container Load (LCL) melalui kapal-kapal tol laut.

Dia menjelaskan rata-rata barang yang dikirim atau yang dikonsumsi oleh pelaku UMKM adalah bahan pokok, hasil pertanian, dan perkebunan.

“Dengan sistem LCL, para pelaku UMKM pada 2022 ini dapat lebih memaksimalkan muatan angkutnya,” jelasnya, Kamis (17/2/2022).

Sesuai Perpres No. 27/2022, Pelni berkoordinasi aktif dengan Pemerintah Daerah dan lintas Kementerian terkait dengan melibatkan para pelaku usaha termasuk UMKM untuk melakukan business conference.

Hal ini bertujuan agar bertemunya para pembeli dan penjual dapat mencari solusi ataupun dukungan yang dibutuhkan dari Pemerintah Daerah/Kementerian terkait guna terciptanya perdagangan dari atau antar daerah khususnya yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku UMKM tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pelni Tol Laut
Editor : Rio Sandy Pradana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top