Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Rangkuman Data Jenis Pekerjaan & Demografi Penduduk Indonesia

Jenis pekerjaan apa yang paling banyak dilakukan penduduk Indonesia? Bagaimana distribusi pendidikan, agama, usia, dan data demografi lainnya? Simak data dan visualisasinya di sini.
DataIndonesia.id
DataIndonesia.id - Bisnis.com 17 Februari 2022  |  11:20 WIB
Rangkuman Data Jenis Pekerjaan & Demografi Penduduk Indonesia
Sejumlah buruh pabrik pulang kerja di kawasan Cikupa, Kabupaten Tangerang, Banten. Foto ilustrasi. - ANTARA FOTO/Fauzan
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Jenis pekerjaan apa yang paling banyak dilakukan penduduk Indonesia? Bagaimana distribusi pendidikan, agama, usia, dan data demografi lainnya? Simak data dan visualisasinya melalui tautan ini.

Berdasarkan data Kementerian Dalam Negeri, wiraswasta menjadi pekerjaan yang paling banyak dilakoni oleh penduduk Indonesia.

Terdapat 66,18 juta penduduk Indonesia yang berstatus sebagai wiraswasta per 31 Desember 2021. Pekerjaan yang juga banyak dijalankan oleh penduduk Indonesia sebagai pelajar dan mahasiswa, yakni 47,29 juta jiwa.

Kemudian, ada 29,85 juta penduduk Indonesia yang bekerja di sektor pertanian dan peternakan. Sebanyak 5,76 juta penduduk Indonesia berprofesi sebagai aparatur sipil negara (ASN). Ada pula 1,86 juta penduduk di tanah air yang menjadi tenaga pengajar. Pensiunan di Indonesia tercatat sebesar 1,48 juta jiwa.

Penduduk Indonesia yang berstatus sebagai nelayan sebanyak 1,34 juta jiwa. Sebanyak 567.910 penduduk Indonesia berprofesi sebagai tenaga kesehatan. Data dan visualisasinya di sini.

Sementara itu, dari tingkat pendidikan, penduduk Indonesia Paling Banyak Lulusan SD.

Berdasarkan data Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), penduduk Indonesia yang merupakan lulusan SD sebanyak 64,68 juta jiwa per 31 Desember 2021.

Penduduk Indonesia yang tidak/belum sekolah juga cukup besar, yakni 64,15 juta jiwa. Kemudian, ada 56,91 juta penduduk Tanah Air yang merupakan lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Sebanyak 39,89 juta penduduk Indonesia mengenyam pendidikan hingga bangku Sekolah Menengah Pertama. Ada pula 30,89 juta penduduk yang belum tamat SD. Lalu, 11,82 juta penduduk Indonesia yang merupakan lulusan Strata-1 (S1).

Penduduk dengan latar belakang pendidikan Diploma-3 (D3) sebesar 3,49 juta jiwa. Penduduk yang merupakan lulusan Diploma 1 (D1) dan Diploma-2 (D2) sebanyak 1,14 juta jiwa. Sementara, penduduk yang telah lulus Strata-2 dan Strata-3 berturut-turut hanya sebesar 838.827 jiwa dan 60.116 jiwa. Data dan visualisasi selengkapnya di sini

DataIndonesia.id menyajikan beragam data untuk membantu Anda mengambil keputusan yang lebih tepat. Ada data tentang bursa dan keuangan, data mengenai industri dan sektor riil, mengenai perkembangan digital, internet dan telekomunikasi, serta data mengenai indikator sosial kemasyarakatan. Selengkapnya di sini.

Anda juga dapat mengakses arsip lengkap mengenai regulasi (peraturan yang dikeluarkan pemerintah), dokumen laporan-laporan industri dan kinerja yang diterbitkan pemerintah serta lembaga kredibel di sini dan di sini serta di sini.

Tidak ketinggalan juga di DataIndonesia.id terdapat arsip mengenai hasil RUPS, kinerja perubahaan terbuka, prospektus ringkas, serta arsip berita dari Bisnis Indonesia Group. Selengkapnya di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pendidikan pekerja sekolah pekerjaan jht bonus demografi

Sumber : DataIndonesia.id

Editor : Setyardi Widodo
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top