Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pacu Produksi, 725 Sumur Migas Tak Aktif akan Kembali Dibor Tahun ini

SKK Migas akan kembali mengebor sumur-sumur tua yang telah tidak beroperasi untuk bisa memberikan tambahan produksi.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 02 Februari 2022  |  22:07 WIB
Platform offshore migas. Istimewa - SKK Migas
Platform offshore migas. Istimewa - SKK Migas

Bisnis.com, JAKARTA – Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) bakal memaksimalkan kembali potensi dari sumur-sumur tua yang telah tidak beroperasi untuk bisa memberikan tambahan produksi.

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto mengatakan pihaknya bersama dengan kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) pada tahun ini akan mengaktifkan kembali sumur-sumur tua atau sumur yang telah lama tidak beroperasi. Adapun, pada 2022 setidaknya diperlukan tambahan produksi sebesar 49.000 barel minyak per hari.

"Salah satu andalan unlock tadi idle well kita reaktivasi dengan KKKS. Kami melihat ada komitmen 725 sumur untuk 2022 saya melihat ini kita harus bisa [mengebor] 1.000 sumur untuk bisa mereaktivasi untuk mengisi gap," ujarnya dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VII DPR, Rabu (2/2/2022).

Dwi menjelaskan SKK Migas bersama dengan PT Pertamina (Persero) memiliki banyak sumur yang tidak dikembangkan. Tak hanya itu, kedua lembaga ini juga tengah mencari skema model yang tepat supaya sumur-sumur itu dapat ditawarkan kepada pihak ketiga.

Menurut dia, skema model yang berlaku saat ini dinilai masih belum berlaku dengan adil untuk dilakukannya kerja sama operasi. Dwi menilai perlu adanya keadilan untuk penggantian biaya dan juga bagi hasil yang lebih adil untuk kedua belah pihak dalam menggarap sumur tua itu.

"Kami menilai kurang fair dan kami menargetkan Februari ini selesai and mengundang pihak-pihak yang berminat untuk ikut dalam no cure no pay tadi," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pertamina skk migas produksi minyak sumur migas
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top