Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jelang MotoGP, Kementerian PUPR Siapkan Rp576,8 Miliar untuk Penataan Mandalika

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengalokasikan Rp576,8 miliar untuk penataan Kawasan Mandalika di Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk menyambut gelaran MotoGP tahun ini.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 25 Januari 2022  |  15:18 WIB
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengikuti rapat kerja dengan Komisi V DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (23/9/2020). ANTARA FOTO - Hafidz Mubarak A
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengikuti rapat kerja dengan Komisi V DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (23/9/2020). ANTARA FOTO - Hafidz Mubarak A

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengalokasikan Rp576,8 miliar untuk penataan Kawasan Mandalika di Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk menyambut gelaran MotoGP tahun ini.

“Penataan Kawasan Mandalika di NTB dengan alokasi sebesar Rp576,8 miliar untuk menyambut event balap motor internasional MotoGP,” ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam Rapat Kerja bersama Komisi V DPR RI di Jakarta, Selasa (25/1/2022).

Menurut Menteri PUPR, anggaran tersebut digunakan untuk sejumlah kegiatan, termasuk pembangunan tahap II Jalan Bypass BIL–Mandalika, dan pelebaran Jalan Kuta–Keruak.

Selain itu, Penataan Kawasan Mandalika juga meliputi koridor Kawasan Mandalika, serta pembangunan pengendali banjir di wilayah tersebut.

Sebelumnya, Menteri Basuki mengatakan bahwa penataan Jalan Bypass BIL–Mandalika yang dilakukan dalam rangka menyambut MotoGP 2022 harus mengedepankan estetika melalui kegiatan penghijauan dan penataan koridor jalan, sehingga lebih ramah lingkungan dan bisa menjadi contoh jalan nasional yang baik.

Penataan koridor Jalan Bypass BIL–Mandalika meliputi penanaman rumput dan pohon, seperti bougenville, tabebuya, ketapang kencana, dan pule di median jalan.

Selanjutnya penanganan jalur lambat melalui pengurukan tanah, serta penanaman rumput dan pohon jenis trembesi, angsana, pule, dan jati.

Jalan Bypass BIL–Mandalika sepanjang 17,3 km sendiri telah selesai dibangun dan dimanfaatkan untuk mendukung kelancaran event Superbike pada November 2021 lalu.

Penataan dilakukan Kementerian PUPR melalui Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Nusa Tenggara Barat, Ditjen Bina Marga melalui kegiatan penghijauan dan penataan koridor jalan, termasuk frontage, bahu dan drainasenya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

MotoGP mandalika Kementerian PUPR

Sumber : Antara

Editor : Lili Sunardi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top