Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertemuan Kelompok Kerja Infrastruktur G20, Ini Pembahasannya

Pertemuan kelompok kerja infrastruktur berlangsung pada 20—21 Januari 2022 sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Presidensi G20.
Presiden Joko Widodo memberikan sambutan secara virtual dalam Opening Ceremony Presidensi G20 Indonesia, Rabu (1/11/2021)./Kominfo-Amiri Yandi
Presiden Joko Widodo memberikan sambutan secara virtual dalam Opening Ceremony Presidensi G20 Indonesia, Rabu (1/11/2021)./Kominfo-Amiri Yandi

Bisnis.com, JAKARTA — Pertemuan pertama kelompok kerja infrastruktur atau infrastructure working group G20 telah berlangsung. Negara-negara anggota G20 membahas upaya pemulihan ekonomi melalui pembangunan infrastruktur.

Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan Rahayu Puspasari menjelaskan bahwa sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Presidensi G20, pertemuan kelompok kerja infrastruktur berlangsung pada 20—21 Januari 2022.

Pertemuan tersebut berlangsung secara virtual, dihadiri oleh negara-negara anggota G20 dan beberapa lembaga internasional.

“Selaras dengan tema besar Presidensi Indonesia ‘Recover Together, Recover Stronger’ pertemuan ini membahas upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk mendorong pemulihan ekonomi dunia pasca Covid-19 melalui pembangunan infrastruktur yang lebih berkualitas,” ujar Puspa pda Jumat (21/1/2022) melalui keterangan resmi.

Pertemuan IWG G20 akan berlangsung selama beberapa kali pada 2022, untuk membahas dan mempertajam peran investasi infrastruktur selama dan setelah pandemi dengan berfokus pada empat agenda utama.

Sejumlah agenda pembahasan kelompok kerja infrastruktur di antaranya:

1. Meningkatkan investasi infrastruktur berkelanjutan (sustainable infrastructure) dengan mendorong partisipasi sektor swasta;

2. Menekankan peran infrastruktur dalam mendorong inklusi sosial dan mengurangi kesenjangan antar daerah;

3. Meningkatkan investasi infrastruktur digital dan penggunaan teknologi dalam infrastruktur;

4. Mendorong infrastruktur transformatif pasca Covid-19.

Pertemuan IWG G20 pada tahun ini juga akan melanjutkan pembahasan topik legacy dari presidensi-presidensi G20 sebelumnya, antara lain terkait pengembangan indikator investasi infrastruktur yang berkualitas atau Quality Infrastructure Investment (QII).

Sehari sebelum pertemuan IWG G20, pada 19 Januari 2022 juga berlangsung seminar dengan tema “Scaling up sustainable infrastructure investment by leveraging private sector participation”.

Seminar itu membuka pembahasan agenda selama setahun dengan mengundang pihak-pihak swasta dan stakeholder infrastruktur lainnya. Seminar tersebut dilaksanakan atas kerjasama Global Infrastruktur Hub (GI Hub) dan Presidensi Indonesia.

Melalui pertemuan pertama dan seminar tersebut, Indonesia berupaya untuk memperoleh masukan dari negara anggota G20 dan lembaga internasional mengenai agenda infrastruktur G20 dan hasil-hasil (deliverables) yang akan dicapai selama setahun ke depan yang selanjutnya akan diajukan untuk dibahas dalam pertemuan deputi dan pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral pada bulan Februari 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper