Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Persiapan Terminal Gilimas Sambut Penonton MotoGP Mandalika

Pelindo Regional 3 melaporkan persiapan Terminal Gilimas dalam menyambut wisatawan dan penonton MotoGP Mandalika.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 19 Januari 2022  |  20:03 WIB
Pelabuhan Gili Mas di Nusa Tenggara Barat. -  Dok. Istimewa
Pelabuhan Gili Mas di Nusa Tenggara Barat. - Dok. Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 3 memastikan Terminal Penumpang Gilimas siap menyambut kunjungan wisatawan dan juga calon penonton yang akan menyaksikan MotoGP Mandalika 2022, di Nusa Tenggara Barat.

Regional Head 3 Pelindo Ardhy Wahyu Basuki menjelaskan saat ini Pelindo telah memiliki Terminal Penumpang Gilimas yang berada di area pelabuhan Lembar, Lombok Barat Nusa Tenggara Barat yang berjarak sekitar 50 KM atau kurang lebih 1 jam dengan Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika.

Dengan jarak yang tidak terlampau jauh tersebut, Pelabuhan ini merupakan salah satu alternatif dan pilihan menarik sebagai pintu masuk wisatawan dan juga calon penonton MotoGP Mandalika 2022 yang rencananya akan dihelat bulan Maret nanti dari jalur laut.

“Kami telah membangun dan mempersiapkan segala sesuatunya ini di Terminal Penumpang Gilimas dengan tujuan selain untuk mengurangi beban Pelabuhan Lembar tapi juga untuk mendukung konektivitas transportasi dari dan menuju lombok. Terlebih pemerintah akan menggelar perhelatan akbar MotoGP Mandalika, ini tentunya bisa menjadi alternatif pintu masuk kunjungan wisatawan,” ujarnya, Rabu (19/1/2022).

Ardhy juga menambahkan Terminal Gilimas saat ini telah memiliki sejumlah fasilitas yang cukup memadai sebagai terminal penumpang baik kunjungan kapal dalam negeri atau Cruise. Dengan luasan mencapai 4.884 M2, Terminal Gilimas mampu menampung penumpang hingga 1.500 orang.

Selain itu Terminal Gilimas juga memiliki dermaga dengan panjang 440 M dan kedalaman kolam mencapai -12 LWS yang terbukti telah mampu melayani berbagai kapal Cruise seperti Sun Princes, Aida Vita, Pacific Explorer hingga yang terakhir adalah Vasco Da Gama.

Dia menegaskan pihaknya telah terbukti mampu melayani sejumlah kunjungan kapal cruise di Terminal Gilimas. Tercatat sejak 2019 ini ada 12 kunjungan kapal.

“Ini menjadi bukti bahwa Terminal Gilimas telah siap secara teknis melayani para wisatawan yang akan datang menyaksikan gelaran MotoGP Mandalika ini.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pelindo MotoGP
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top