Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kinerja Pelindo Regional IV Naik 10 Persen pada 2021, Ini Alasannya

Kinerja Pelindo Regional IV disebut naik 10 persen pada 2021 dengan catatan positif dalam arus kapal, barang, peti kemas dan penumpang.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 19 Januari 2022  |  19:54 WIB
Ilustrasi pelabuhan yang dikelola Pelindo.  -  Dok. Pelindo
Ilustrasi pelabuhan yang dikelola Pelindo. - Dok. Pelindo

Bisnis.com, JAKARTA – Operasi PT Pelabuhan Indonesia (Persero)/Pelindo Regional IV pada 2021 menunjukkan catatan positif dengan rerata pertumbuhan arus kapal, barang, peti kemas dan penumpang rerata mengalami peningkatan sekitar 10 persen dibandingkan dengan pada sebelumnya.

Regional Head 4 PT Pelabuhan Indonesia Dwi Rahmad Toto mengatakan peningkatan tersebut dipicu situasi ekonomi khususnya di wilayah Indonesia Timur yang mulai merangkak naik meskipun pandemi Covid-19 belum usai.

“Peningkatan tertinggi yaitu pada arus penumpang yang bertumbuh sebesar 27,78 persen atau menjadi 3.687.388 orang yang melakukan debarkasi atau turun dan embarkasi atau naik di semua pelabuhan cabang di Pelindo Regional 4 hingga akhir tahun lalu,” jelasnya, Rabu (19/1/2022).

Selanjutnya kata dia, peningkatan sebesar 10,70 persen terjadi pada total arus barang di dermaga umum dan non dermaga umum. Pada 2021, arus barang di dermaga umum mencapai 6,82 juta ton atau meningkat 14,13 persen dibandingkan dengan pada tahun sebelumnya.

Menyusul arus barang di non dermaga umum yang juga bertumbuh sebesar 9,77 persen pada 2021 dibandingkan posisi tahun sebelumnya yang berada di angka lebih dari 22.132 ton. Peningkatan juga terjadi pada arus call kapal di dermaga umum dan non dermaga umum yang bertumbuh sebesar 8,77 persen pada 2021 dibandingkan tahun sebelumnya yang bertengger di angka 75.419 call kapal.

Toto menambahkan pada 2021 pihaknya juga mencatat peningkatan sebesar 3,86 persen terhadap total arus peti kemas di terminal dan non terminal.

Sebagai gambaran, pada 2020 jumlah total arus peti kemas di Pelindo Regional IV mencapai 2,118 juta Twenty-foot Equivalent Unit (TEUs). Meningkat jadi 2,2 juta TEUs pada akhir 2021. Oleh karena itu, dia berharap tahun ini pihaknya tetap menorehkan kinerja yang positif dengan peningkatan rerata sebesar 10 persen pada setiap operasional yang dijalankan Perseroan, khususnya di Regional 4.

“Harapannya pada 2022 ini bisnis yang dijalankan Pelindo Regional 4 terus meningkat dan bermanfaat bagi banyak pihak, utamanya melalui kinerja operasional yang selalu positif,” tekannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pelabuhan pelindo
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top