Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Persiapan MotoGP Mandalika: Maskapai Siapkan Wide Body Bali–Lombok

Seluruh sektor terkait tengah menyiapkan segala hal untuk mendukung ajang internasional MotoGP di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 13 Januari 2022  |  16:37 WIB
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Sirkuit Mandalika yang terletak di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), pada Jumat (12/11/2021).  - BPMI Setpres
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Sirkuit Mandalika yang terletak di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), pada Jumat (12/11/2021). - BPMI Setpres

Bisnis.com, JAKARTA — Sejumlah maskapai telah menyiapkan jadwal penerbangan secara komuter dari Lombok ke Bali dan sebaliknya guna mengantisipasi membludaknya penumpang yang menyaksikan perhelatan MotoGP di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan maskapai penerbangan akan menyiapkan pesawat berbadan lebar (wide body) untuk melakukan perjalanan komuter dari jam 5 pagi sampai jam 9 pagi dari Bali ke Lombok. Jadwal penerbangan tersebut diperkirakan untuk melayani sekitar 4.000 orang.

“Lewat sejumlah antisipasi tersebut, kami mengharapkan pergerakan peserta, official, penonton, dan penanganan kargo bisa ditampung dengan baik di bandara [Lombok] ini,” ujarnya melalui siaran pers, Kamis (13/1/2022).

Saat ini terminal penumpang Bandara Internasional Lombok telah diperluas menjadi 43.501 meter persegi dengan kapasitas 7 juta penumpang per tahun, Apron Bandara Lombok kini dapat menampung 16 pesawat dengan konfigurasi 10 pesawat narrow body dan 6 pesawat wide body, dan memiliki landas pacu (runway) sepanjang 3.300 meter yang bisa didarati pesawat berbadan lebar jenis Boeing 777.

Untuk melancarkan mobilitas dari Bandara menuju ke Sirkuit Mandalika, Kemenhub juga menyiapkan sejumlah bus shuttle, menyesuaikan dengan jumlah peserta, tim official dan penonton yang terdaftar.

Adapun Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga tengah meninjau sejumlah fasilitas bandara untuk MotoGP 2022 hingga kawasan UMKM. Berdasarkan keterangan resmi dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Kepala Negara akan meninjau sejumlah fasilitas bandara yang akan digunakan oleh para peserta dan penonton MotoGP 2022.

Jokowi meninjau beberapa fasilitas di bandara itu, di antaranya pos pemeriksaan suhu dan kartu kewaspadaan kesehatan elektronik atau e-HAC, pos pemeriksaan dokumen imigrasi, pengambilan bagasi, dan pos pemeriksaan bea cukai.

"Tadi saya cek langsung kedatangan di bandara, kemudian proses yang ada di dalam bandara. Saya lihat semuanya yang berkaitan dengan protokol kesehatan, yang terkait dengan cek untuk PCR, cek bahwa sudah vaksin dua kali, semuanya urut-urutannya sudah bagus,” kata Jokowi sebagaimana dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden.

Sementara itu, Komandan Lapangan MotoGP Mandalika, Hadi Tjahjanto mengatakan, untuk mendukung masuknya penonton ke Lombok, frekuensi penerbangan dari sejumlah kota menuju Lombok akan ditambah. "Untuk masuk sendiri dari luar akan ditambah frekuensi penerbangan, baik dari Jakarta, Surabaya, Bali, maupun Makassar. Jadi mudah-mudahan penonton nanti diberikan kemudahan menuju ke Sirkuit Mandalika untuk bisa menonton MotoGP 2022.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

transportasi MotoGP KEK Mandalika
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper

BisnisRegional

To top