Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kementerian PUPR Izinkan Penginapan di Rest Area, tapi Ada Syaratnya

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengizinkan pengelola menyediakan penginapan dengan durasi paling lama 12 jam di tempat istirahat dan pelayanan (TIP) atau rest area jalan tol.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 13 Januari 2022  |  09:10 WIB
Kementerian PUPR Izinkan Penginapan di Rest Area, tapi Ada Syaratnya
Ilustrasi. Bangunan di kompleks Rest Area KM 519 A, Masaran, Sragen, Rabu (6/6). Rest area tipe A tersebut dilengkapi dengan masjid dan foodcourt untuk menunjang kenyamanan pengguna jalur tol selama mudik Lebaran 1439H. - Bisnis/Muhammad Ferri Setiawan
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengizinkan pengelola menyediakan penginapan dengan durasi paling lama 12 jam di tempat istirahat dan pelayanan (TIP) atau rest area jalan tol.

Untuk diketahui, Pasal 39 ayat (1) Peraturan Menteri PUPR Nomor 28/2021 tentang Tempat Istirahat dan Pelayanan pada Jalan Tol, menyebut bahwa rest area tipe A dapat dilengkapi dengan fasilitas inap untuk beristirahat sementara, guna mengatasi kelelahan pengguna jalan tol saat mengemudi.

Sesuai aturan tersebut, fasilitas inap harus memenuhi ketentuan, seperti jumlah kamar paling banyak 100 unit dan disewakan paling lama 12 jam.

Kriteria lainnya adalah rest area antarkota harus dilengkapi dengan area parkir yang disediakan terpisah dengan parkir rest area.

“Area parkir dapat menampung paling sedikit 50 kendaraan golongan I [kendaraan kecil termasuk bus], dan 30 kendaraan golongan II/III/IV/V jenis truk dengan dua gandar atau lebih,” isi beleid tersebut, dikutip Kamis (13/1/2022).

Kemudian, rest area antarkota disediakan paling sedikit satu untuk setiap jarak 50 kilometer pada setiap jurusan.

Sebelumnya, anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk., PT Jasamarga Related Business (JMRB) menandatangani nota kesepahaman pengembangan rest area dengan Omega Hotel Management (OHM).

Direktur Utama JMRB Cahyo Satrio Prakoso mengatakan bahwa kerja sama pengembangan rest area dilakukan seiring dengan terbitnya Permen PUPR 28/2021.

Potensi pengembangan fasilitas inap di rest area saat ini masih dikaji lebih lanjut oleh JMRB dan OHM, dengan identifikasi awal untuk ruas jalan tol yang cocok dengan fasilitas inap tersebut adalah jaringan Jalan Tol Trans-Jawa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

penginapan rest area Kementerian PUPR

Sumber : Antara

Editor : Lili Sunardi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top