Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kunjungi Titik Nol, Sri Mulyani Sebut Pembangunan IKN Luar Biasa Rumit dan Menantang

Proses pembangunan IKN baru luar biasa rumit dan menantang. Di satu sisi, pemerintah dalam pembangunan harus tetap menjaga lingkungan, hutan dan keanekaragaman hayati, dan termasuk satwa agar tetap terjaga.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 07 Januari 2022  |  10:28 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati bersiap memberikan pemaparan dalam konferensi pers Realisasi APBN 2021 di Jakarta, Senin (3/1/2021). Bisnis - Himawan L Nugraha
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati bersiap memberikan pemaparan dalam konferensi pers Realisasi APBN 2021 di Jakarta, Senin (3/1/2021). Bisnis - Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati melakukan kunjungan ke titik nol pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di Penajam Paser, Kalimantan Timur.

Dalam unggahannya di akun Instagram @smindrawati, terlihat Sri Mulyani sedang bersama dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

Sri Mulyani menyampaikan, titik nol merupakan referensi koordinat lokasi pembangunan kompleks Istana Negara dan Pusat Pemerintahan. Pembangunan selanjutnya dilakukan secara bertahap.

“Pak Basuki Menteri PUPR beserta tim @kemenpupr menjelaskan kepada saya mengenai rancangan pembangunan IKN di lokasi Penajam Paser Kalimantan Timur,” tulis Sri Mulyani dalam unggahannya, Jumat (7/1/2022).

Sri Mulyani menjelaskan, proses pembangunan IKN baru luar biasa rumit dan menantang. Di satu sisi, pemerintah dalam pembangunan harus tetap menjaga lingkungan, hutan dan keanekaragaman hayati, dan termasuk satwa agar tetap terjaga.

Sementara di sisi lainnya, pemerintah dituntut untuk mampu mewujudkan IKN masa depan yang modern, berbudaya, dan beradab, serta mencerminkan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia.

Dari sisi pembiayaan dan keuangan negara, Sri Mulyani mengatakan hal ini perlu dirancang secara cermat dan hati-hati agar tujuan pembangunan IKN dapat tercapai, namun tetap terjaga stabilitas dan sustainabilitas keuangan negara.

“Landasan hukum yang kuat dan baik dalam bentuk RUU IKN sedang dibahas oleh pemerintah dan DPR dengan masukan dari berbagai pemangku kepentingan dan masyarakat luas,” kata dia.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sri mulyani IKN
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper

BisnisRegional

To top