Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dua Pemain Kendaraan Listrik Ini Siap Salip Tesla Inc.

Tesla Inc., sebagai pemain terdepan sementara ini harus siap bersaing dengan raksasa sekelas Volkswagen AG (Jerman) dan Toyota Motor Corp., (Jepang). Kedua perusahaan ini menjal 10 - 11 mobil dari setiap satu mobil yang terjual oleh Tesla.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 06 Januari 2022  |  11:05 WIB
Logo Tesla di dealer Easton Town Center shopping mall in Columbus, Ohio, AS -  Bloomberg/Luke Sharrett
Logo Tesla di dealer Easton Town Center shopping mall in Columbus, Ohio, AS - Bloomberg/Luke Sharrett

Bisnis.com, JAKARTA - Persaingan industri kendaraan listrik (Electric Vehicle/EV) semakin ketat seiring dengan pemain raksasa dari Eropa dan Jepang yang ambisius menyalip produsen terbesar Tesla Inc.

Tesla Inc., sebagai pemain terdepan sementara ini harus siap bersaing dengan raksasa sekelas Volkswagen AG (Jerman) dan Toyota Motor Corp., (Jepang). Kedua perusahaan ini menjal 10 - 11 mobil dari setiap satu mobil yang terjual oleh Tesla.

Pada bulan lalu, kedua produsen kendaraan massal ini telah menyiapkan rencana untuk menghabiskan US$170 miliar selama beberapa tahun mendatang untuk mendominasi pasar EV selama beberapa dekade seiring dengan kesadaran transisi ke energi ramah lingkungan.

"Ketika dua perusahaan mobil terbesar di dunia memutuskan untuk menggunakan listrik, maka tidak ada lagi pertanyaan spekulasi – arus utama adalah listrik,” kata Andy Palmer, mantan kepala Aston Martin dan mantan Nissan Motor. Co.

VW menjadi yang terdepan untuk menyalip Tesla dengan pengalamannya selama 84 tahun dan menguasai produksi otomotif di 120 lokasi di berbagai negara.

VW Group menghasilkan sekitar US$280 miliar per tahun dengan berbagai macam produk, mulai dari Tiguan dan Passat, hingga supercar Lamborghini, dan truk berat Scania.

Chief Executive Officer Volkswagen Herbert Diess mengumumkan akan menyiapkan 89 miliar euro (US$100 miliar) untuk EV dan pengembangan perangkat lunak selama 5 tahun ke depan.

"Transformasi kami akan cepat. Lebih besar dari apa pun yang telah dilihat industri pada abad yang lalu," kata Diess selama acara baterai bergaya Tesla Maret lalu.

Presiden Toyota Motor Corporation Akio Toyoda akan mendedikasikan sekitar 8 triliun yen atau US$70 miliar untuk kendaraan listrik. Produsen menargetkan penjualan sebesar 3,5 juta kendaraan listrik per tahun selama 10 tahun mendatang.

Sementara itu, Tesla membukukan penjualan sebesar 936.000 kendaraan sepanjang tahun lalu, naik hampir 90 persen. Perusahaan merencanakan investasi sebanyak 1,2 miliar yuan (US$188 juta) untuk pabrik Shanghai guna meningkatkan peralatan dan produksi.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

toyota vw Tesla Motors elon musk
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper

BisnisRegional

To top