Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Biji Kakao Jembrana Laris Manis di Pasar Eropa, Jepang, dan AS

Aroma khas biji kakao merupakan salah satu keunikan yang dimiliki komoditas kakao Jembrana, Bali dibandingkan dengan kawasan lainnya di Indonesia.
Buah kakao hasil yang dipanen oleh petani di Jembrana, Bali/ Istimewa
Buah kakao hasil yang dipanen oleh petani di Jembrana, Bali/ Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Para petani kakao di dalam Koperasi Kerta Semaya Samaniya (KSS), Jembrana, Bali mencatatkan total ekspor biji kakao fermentasi sebanyak 12,5 ton sepanjang 2021.

Produksi biji kakao tersebut diekspor ke sejumlah negara wilayah Eropa yaitu Belgia dan Belanda, Jepang, dan Amerika Serikat. Adapun, aroma khas biji kakao merupakan salah satu keunikan yang dimiliki komoditas kakao Jembrana, Bali dibandingkan dengan kawasan lainnya di Indonesia.

Tahun 2021 merupakan momen dimana Koperasi KKS berhasil tembus ke pasar Amerika Serikat (AS).

“Peluang bagi kami di Koperasi KSS untuk bisa masuk ke pasar Amerika dan sekaligus juga tantangan yang dihadapi oleh Koperasi antara lainnya berkaitan dengan adanya pemenuhan aturan Food and Drug Administration (FDA) atau Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat," ujar Ketua Koperasi KSS, I Ketut Wiadnyana, dalam siaran pers, Sabtu (1/1/2021).

"Tapi kami bangga karena mampu menembus pasar Amerika di tengah kondisi pandemi seperti saat ini,” tambahnya. Tahun 2022, dia menuturkan Koperasi KKS menargetkan produksi biji kakao fermentasi kering sebanyak 75 ton. Selain itu, Koperasi KKS juga tengah mempersiapkan ekspor ke Valrhona, Perancis.

Selama tahun 2021, Ketut mengatakan salah satu kendala kesulitan yang dihadapi para petani kakao di Jembrana adalah penurunan tingkat produksi. Hal ini dikarenakan oleh faktor perubahan iklim, terutama dampak dari fenomena La Nina yang mengakibatkan curah hujan yang sangat tinggi sehingga mengakibatkan rontoknya bunga dan bakal buah yang layu karena curah yang tinggi dan kondisi kebun yang lembab.

Alhasil, volume biji kakao kering fermentasi yang dihasilkan mengalami penurunan sangat signifikan dari 48 ton pada 2020, ke posisi 24 ton pada 2021. Koperasi KKS sendiri mendapat pendampingan dari Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI)/ Indonesia Eximbank karena Jembrana menjadi salah satu desa devisa LPEI.

LPEI sendiri sebagai Special Mission Vehicle (SMV) Kementerian Keuangan melalui program jasa konsultasi tetap aktif melakukan pendampingan secara intensif terhadap Desa Devisa binaan untuk mencari solusi terhadap apapun kendala yang dihadapi oleh petani. LPEI berharap komoditas Indonesia dapat terus meningkatkan daya saing di pasar global

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hadijah Alaydrus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper