Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Matangkan Rencana Pembangunan Ibu Kota Negara Baru, Pemerintah Kembali Kunjungi BSD City

Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan bahwa pemerintah tidak hanya sekedar memindahkan ibu kota dan menjadi kantor pemerintahan ke lokasi baru, tetapi juga ingin membangun sebuah kota baru.
Yanita Petriella
Yanita Petriella - Bisnis.com 01 Januari 2022  |  14:15 WIB
Mensesneg Pratikno dan Menteri PUPR saat mendapat penjelasan mengenai BSD City. - Istimewa
Mensesneg Pratikno dan Menteri PUPR saat mendapat penjelasan mengenai BSD City. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah mengunjungi sejumlah kota mandiri untuk mematangkan rencana pengembangan Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kalimantan Timur.

Kali ini, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dan Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan Gandi Sulistiyanto Soeherman mengunjungi Kawasan BSD Green Office Park untuk melakukan studi banding.

Untuk diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya juga telah mengunjungi BSD City pada Jumat (24/12/2021) lalu.

Pada kunjungan kerja tersebut, Presiden Jokowi mengaku sangat tertarik dengan penerapan konsep green district, green building, dan green office, serta mal tanpa dinding The Breeze yang berada di kawasan BSD Green Office Park.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan bahwa pemerintah tidak hanya sekedar memindahkan ibu kota dan menjadi kantor pemerintahan ke lokasi baru, tetapi juga ingin membangun sebuah kota baru.

“Kota masa depan, kota yang bisa menjadi magnet bagi para talenta hebat, dan sekaligus menjadi engine, menjadi motor, menjadi katalis kemajuan Indonesia. Jadi kami ingin membangun sentra inovasi yang berkelanjutan, dan menjadi sumber inspirasi, sekaligus motor kemajuan Indonesia ke depan,” ujarnya dalam keterangan resmi, Sabtu (1/1/2022).

Kunjungan kerja yang dilakukan pada 31 Desember 2022 itu dilakukan untuk melihat progres pembangunan pusat pertumbuhan baru berskala kota oleh pihak swasta, dalam hal ini Sinar Mas Land melalui BSD City yang  menerapkan konsep kawasan dan bangunan hijau, serta transformasi menuju smart city.

Managing Director President Office Sinar Mas Land Dhony Rahajoe menuturkan, pihaknya merasa terhormat dapat menerima kunjungan dari sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju terkait rencana pemerintah dalam pembangunan IKN di Kalimantan Timur.

“Semoga pengalaman kami dalam mengembangkan kawasan BSD City dapat menjadi inspirasi bagi pemerintah untuk mengembangkan IKN,” ucapnya.

Sinar Mas Land, lanjutnya, tidak hanya membangun gedung dan rumah di BSD City, tetapi juga membangun kawasan hunian yang ideal, serta infrastruktur lengkap dengan memadukan solusi terhadap perubahan iklim.

Hal itu dilakukan dengan pembangunan yang rendah karbon, dan terus mengakomodasi kebutuhan para penghuninya di masa sekarang dan mendatang melalui perkembangan teknologi.

Dalam kunjungan ini tersebut, Sinar Mas Land memaparkan sejumlah hal seperti tahapan pembangunan kawasan BSD City dari awal hingga saat ini, transisi pembangunan BSD City menuju pembangunan yang rendah emisi karbon, hingga transformasi BSD City menjadi kota berbasis digital.

Kunjungan kerja tersebut kemudian dilanjutkan dengan meninjau sejumlah proyek di kawasan BSD Green Office Park, yaitu Gedung Sinar Mas Land Plaza, Gedung Green Office Park (GOP) 9, Grha Unilever, serta mal tanpa dinding The Breeze.

BSD Green Office Park sendiri merupakan perkantoran yang telah memperoleh sertifikat green district dari Building and Construction Authority (BCA) Singapore. Sejumlah gedung perkantoran di kawasan itu pun telah mendapatkan sertifikasi green building dari Green Building Council Indonesia (GBCI).

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bsd city ibu kota negara
Editor : Lili Sunardi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top